Pilkada Damai Harus Bisa Menahan Emosional

Sonni Berutu : Jika Pilkada Bisa Damai Harus Bisa Menahan Emosional

Sonni Berutu : Jika Pilkada Damai Harus Bisa Menahan Emosional

Pelitarakyat, Pakpak Bharat-Dalam menjaga Kondusif suasana Pilkada maka Pihak Pemerintah Pakpak Bharat melakukan komitmen Bersama Antara Kedua Pihak Paslon dan semua Pemangku Komponen yang menangani Duduk bersama, Forkompinda Kabupaten Pakpak Bharat menggelar Rapat Koordinasi yang dilaksanakan di Bale Sada Arih, Kompleks Perkantoran Panorama Indah Sindeka, Salak, pada Senin (16/11), yang dipimpin langsung Pj. Bupati Pakpak Bharat, Dr. Kaiman Turnip, M.Si.

Rapat yang menghadirkan pasangan Kedua Kandidat beserta tim sukses/tim pemenangannya serta penyelenggara Pilkada diawali dengan pengantar oleh Pj. Bupati yang menyatakan bahwa rakor ini merupakan pertemuan yang penting sehingga akan hadir ikatan emosional dari kedua belah pihak pasangan calon dalam rangka menciptakan situasi kamtibmas dengan penuh kedamaian seperti yang diharapkan bersama.

Sonni Berutu dalam Arahannya Kepada semua masyarakat Pakpak Bharat agar dapat menahan Emosional, Pilkada dapat kondusif jika kita bisa menahan diri untuk tidak melakukan hal-hal yang membuat rasa tidak nyaman bagi pihak lawan Politik. Semua komponen harus bisa bekerjasama dan tidak memihak. Kejadian Baru-baru ini terhadap penyerangan Posko Pemenangan Sora Lebbuh dan perusakan mobil dan Baliho Sora Lebbuh membuat hati masyarakat pendukung Sonni Berutu Dan Ramlan Boangmanalu terasa dilecehkan dan di permalukan. Pihak Sora Lebbuh tidak menyerang balik, Karena masih merasakan rasa persaudaraan antar sesama di Suak Simsim ini. Hati kami sedih memang ia. Tapi itu sebagai penyemangat buat kami, "Ungkap Sonni Berutu.

Kuasa Hukum Sora Lebbuh Alam Suin Berutu, SH, MH, Dalam Pesannya Kepada semua Elemen Penyelenggara agar dapat bekerja sesuai Peraturan dan perundangan, dimana sudah disumpah harus untuk Independen. Kami melihat dan mengamati masih banyak perlu untuk dibenahi. Kami melihat situasi sekarang sangat disayangi terjadinya kejadian Baru-baru ini terhadap penyerangan Posko Pemenangan Sora Lebbuh.

Kami berharap kejadian seperti ini tidak adanya terulang kembali, Bila ingin Pihak Pendukung Kami bisa menahan diri dan tidak membalas penyerangan balik. Kami tidak akan melakukan kejadian serupa, karena kami menganggap semua pelaku masih ada ikatan persaudaraan, " Ucap Alam Berutu

Sementara itu Plt. Ketua DPRD, Elson Angkat, SS, menyebutkan bahwa sesungguhnya Pilkada merupakan sebuah pesta demokrasi yang seharusnya diwarnai kegembiraan. “Apalagi kita di Pakpak Bharat ini memiliki latar belakang kekeluargaan yang erat, sehingga suasana penuh kedamaian pada dasarnya lebih mudah dihadirkan”, tuturnya dan menyatakan beranjak dari latar belakang tersebut akan lebih mudah menghadirkan kesejukan di Kabupaten ini.

Senada dengan hal tersebut, Kapolres, AKBP Alamsyah P. Hasibuan, SIK, MH, berharap semua pihak dapat menjaga nama baik Kabupaten Pakpak Bharat dengan menghindari kebencian yang meraja lela, serta menghindari penggiringan opini negatif yang mencederai elemen-elemen lain di Kabupaten ini. Tampak hadir juga dalam kesempatan ini Dandim 0206/Dairi, Letkol (Arm) Adietya Y. Nurtono, SH, dan Ka. Kejari Dairi, Syahrul J. Subuki, SH, MH, serta Ketua Bawaslu, Mawardi Tumangger, SH.

Poin yang disepakati Bersama antara lain: (1) Mematuhi dan melaksanakan peraturan perundang-undangan yang berlaku diantaranya posko tidak dibenarkan menyediakan minuman keras dan menggunakan musik bervolume suara tinggi; (2) Pada saat ada kampanye diminta agar posko ditutup dilokasi kampanye; (3) Siap melaksanakan Pilkada secara jujur, adil, santun dan bermartabat dan tidak diperkenankan melakukan orasi di depan posko antar calon; (4) Tidak mengangkat isu yang berbau sara, hoax dan ujaran kebencian di media sosial dan akan memblokir akun media sosial dimaksud; (5) menghormati perbedaan pendapat dan perbedaan pilihan serta menghindari timbulnya konflik dalam masyarakat. Apabila melanggar kesepakatan tersebut di atas akan menerima sanksi sesuai kesepakatan.

Penulis: Aman Berutu
Editor: Pelitarakyat.Com
Photographer: Aman Berutu

Baca Juga