Kerah Putih

Embung Raksasa Prongil Jehe Belum Berfungsi, Lantai Sudah Rusak

PRONGIL JEHE, pelitarakyatcom – Kabar mengejutkan datang dari Prongil Jehe, Kecamatan Tinada Pakpak Bhatat. Kali ini menyangkut proyek embung. Embung adalah cekungan yang digunakan untuk mengatur dan menampung suplai aliran air hujan.

Informasi dihimpun, di Prongil Jehe ada 1 embung raksasa. Namun menurut pengakuan masyarakat sejak dibangun embung yang menghambiskan ratusan juta belum pernah dimanfaatkan masyarakat.

Demikian juga pantauan di lapangan, embung raksana tersebut terlantar. Bagian lantai yang terbuat seperti plastik sudah koyak-koyak. Tidak ada air di dalam embung.

Baca Juga  Rame-rame Pemuda Kuta Saga Bawa Jerigen ke DPRD dan Dinas PUTR Pakpak Bharat, Sindir Siapa?

Padahal jika dilihat, embung raksana itu dibangun megah. Dindingnya dibangun kokoh. Embung juga dipagar besi putih.

Iklan

Selloh Cibro anggota DPRD Pakpak Bharat mengakui ada proyek raksasa di Progil Jehe. Politisi Demokrat itu kesal dikarenakan embung tak bisa berfungsi.

Bahkan menurut dia, embung yang dibangun dari kementrian itu sejak dibangun tak pernah digunakan. “Nggak pernah digunakan itu, mirislah,” kata Selloh dikonformasi pelitarakyat.com, Rabu 3 Nopember 2021.

Tak hanya itu, Selloh menilai perencanaan proyek itu tidak matang. Menurutnya tidak jauh dari lokasi ada embung yang dibangun oleh kabupaten.

Baca Juga  Asren Nasution Sudah Pamitan

“Cobalah ke sana, tak jauh dari lokasi embung raksasa ada embung yang dibangun dari kabupaten. Berarti jadinya kan double,” katanya.

Selloh menyarankan ke depan kalau ada program bantuan embung haruslah di lokasi yang benar-benar membutuhkan. Misalnya daerah-daerah sentra pertanian yang kekurangan air.

“Kan masih banyak desa yang membutuhkan embung. Maksudnya meratalah. Mana yang penting itu diduluankan. Jangan sampai bangunan mubajir,” katanya.

Iklan

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Iklan
Back to top button