Uncategorized

Menko Marves dan Mendagri Tunjuk Dairi jadi Percontohan Penerapan Matematika Gasing di Indonesia

JAKARTA, pelitarakyat.com- Kabupaten Dairi ditunjuk oleh Menko Marves Luhut Panjaitan dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menjadi salah satu dari tiga daerah percontohan dan pelopor, mewakili Sumatera Utara, untuk pelatihan matematika dengan metoda Gasing (gampang, asyik, menyenangkan) untuk murid SD/SMP seluruh Indonesia.

Penunjukan ini dilakukan dalam rapat terbatas Menko Marves dan Mendagri dengan beberapa kepala daerah di Kantor Kementerian Dalam Negeri, Kamis (2/2/2023).

Ada 10 daerah di seluruh Indonesia yang ditunjuk Mendagri menjadi percontohan pelatihan matematika dengan metode Gasing tersebut, antara lain Dairi, Humbang Hasundutan, Tapanuli Selatan, Bitung, Gunung Mas, Banda Aceh, dan lainnya.

Rapat terbatas tersebut dipimpin langsung Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan. Selain Luhut, Mendagri Tito Karnavian dan Pemrakarsa metode Gasing Prof. Yohanes Surya juga hadir dalam rapat tersebut.

Iklan

Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu yang hadir langsung dalam rapat tersebut menyambut gembira penunjukan Dairi tersebut.

Baca Juga  Bupati Dairi: Stunting Bisa Kita Cegah Sejak Dini

Bupati Eddy mengatakan pelatihan matematika metode Gasing akan terus diintensifkan di Kabupaten Dairi.

“Penunjukan Dairi sebagai percontohan ini kita terima dengan senang hati dan akan kita implementasikan segera kepada anak didik kita SD dan SMP di seluruh Dairi,” kata Eddy Berutu.

Dia berharap penunjukan ini akan semakin meningkatkan kualitas pendidikan di Dairi sehingga Dairi Unggul sesuai program Pemkab bisa terwujud.

“Karena Dairi Unggul itu salah satunya adalah keunggulan kualitas manusianya. Metode Gasing ini tentu akan semakin mempercepat keunggulan terutama siswa-siswa kita,” ucap Bupati.

Baca Juga  Toilet Premium di TWI Sitinjo Ramah Difabel, Nyaman, dan Strategis

Seperti diketahui, pembelajaran matematika metode Gasing dikembangkan oleh tokoh sains dan matematika Indonesia Prof. Yohanes Surya.

Iklan

Metode ini membuat pelajaran matematika yang selama ini menjadi momok bagi siswa, menjadi lebih mudah dan menyenangkan.

Di Dairi, metode Gasing ini telah diterapkan dalam sebuah pelatihan kepada perwakilan siswa SD sekabupaten Dairi di Taman Wisata Iman, Sitinjo, pada 7-20 November 2022. Saat itu Prof. Yohanes Surya langsung memimpin pelatihan.

Bahkan, dari hasil pelatihan tersebut, Alena Richele Pardosi, siswa kelas 5 dari SD St. Yosef Sidikalang, mewakili Sumatera Utara, tampil mempraktekkan metode Gasing di hadapan Presiden Jokowi dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepala Daerah dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Iklan
Check Also
Close
Back to top button