Uncategorized

Mahasiswa KKN 33 Universitas Malikussaleh Ikut Berpartisipasi Dalam Kegiatan Sosialisasi Minat Baca di SD N 9 Dewantara

ACEH UTARA, pelitarakyat.com-Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (KKN-PPM) Kelompok 33 Universitas Malikussaleh ikut berpartisipasi dalam kegiatan sosialisasi di Sekolah Dasar N 9 Dewantara Desa Paloh igeuh. Jum’at ( 3/11/2023) telah berlangsung dengan sukses.

Dalam kesempatan ini Wawan Darmawan, seorang pemateri berpengalaman membahas tentang pentingnya membaca dalam perkembangan pengetahuan, terutama bagi para remaja yang akan memasuki dunia dewasa.

Wawan Darmawan membuka presentasinya dengan menekankan bahwa kebiasaan membaca adalah kunci utama untuk memperoleh pengetahuan baru dari berbagai sumber, termasuk media cetak dan elektronik. Dia mencatat bahwa minat baca di kalangan remaja masih rendah, dengan beberapa faktor kontributor seperti rasa malas, penggunaan berlebihan ponsel pintar, kurangnya inisiatif dalam mengembangkan kegemaran membaca, keterbatasan akses terhadap bahan bacaan, dan tingginya harga buku.

Baca Juga  Tingkatkan Upaya Kesehatan di Masyarakat, Dairi Laksanakan Rakor Penguatan Pokjanal Posyandu

Menurutnya kegiatan membaca terutama di kalangan remaja telah menjadi langka yang berdampak pada kemampuan mereka untuk mengakses pengetahuan. Dia menyoroti bahwa minat baca memiliki pengaruh besar terhadap sejauh mana seseorang akan membaca dengan tekun. Keinginan dan minat pribadi, menurutnya, merupakan pendorong utama dalam membentuk kebiasaan membaca yang berkelanjutan.

Iklan

Wawan Darmawan juga membahas kondisi rendahnya budaya membaca di Indonesia, mengutip laporan Galus (2011) yang menunjukkan nilai 0,001, menekankan perlunya perubahan melalui kerjasama antara keluarga, lembaga pendidikan, masyarakat, dan pemerintah.

Menyoroti upaya UNESCO pada tahun 2011 untuk meningkatkan budaya membaca di ASEAN, dengan Indonesia menduduki peringkat terbawah. Dia juga menekankan dampak positif minat baca pada perkembangan remaja, termasuk motivasi belajar tinggi dan pengetahuan yang lebih luas.

Baca Juga  Ditutup, Cuma 2 Bapaslon yang Mendaftar ke KPU Pakpak Bharat

Dalam kegiatan ini KKN-PPM UNIMAL di Sekolah Dasar N 9 Dewantara menggunakan metode penyuluhan, presentasi, diskusi, tanya jawab, dan simulasi untuk meningkatkan minat baca siswa. Metode ini dirancang untuk menciptakan pemahaman yang mendalam dan aplikasi langsung dari materi yang disampaikan.

Dengan demikian keberhasilan kegiatan sosialisasi ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan minat baca di kalangan remaja, membantu mereka menjadi generasi yang berpengetahuan dan mampu mensejahterakan lingkungan dan negara mereka.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Iklan
Back to top button