Peristiwa

Warga Simungun Antusias Ikuti Layanan Jempol Adminduk Pemkab Dairi

SIMUNGUN, pelitarakyatcom – Pelayanan Jemput Bola atau disebut Jempol terus dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Dairi dalam menuntaskan seluruh dokumen Administrasi Kependudukan (Adminduk) Warga Dairi. Ada sebanyak 43 Desa menjadi target pelayanan jempol dalam tahun ini dan saat ini sudah memasuki pelayanan ke 33 Desa.

Demikian dikatakan Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu dalam sambutannya yang dibacakan Kadis Dukcapil Dairi Deddy Situmorang, SE, M.Si dalam kegiatan pelayanan Jempol di Desa Simungun Kecamatan Siempat Nempu Hilir, bertempat dikantor Desa Simungun, Rabu (22/09).

Kegiatan ini adalah salah satu upaya perubahan pelayanan untuk mewujudkan Dairi Unggul di bawah Kepemimpinan Bupati Dairi Dr.Eddy Keleng Ate Berutu yang bekerja mendekatkan dan mencepat pelayanan admnistrasi kependudukan sampai kepada masyarakat.

“Diharapkan masyarakat dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk mengurus dan menyelesaikan dokumen yang belum lengkap karena kegiatan ini belum tentu setiap tahun dilaksanakan ditempat yang sama karena bergilir diseluruh Desa-Desa se – Dairi”, ujarnya.

Lebih lanjut Kadis juga mengatakan bahwa pelayanan yang berikan hari ini seperti pengurusan Kartu Keluarga (KK), perekaman dan pencetakan KTP-el, akta Kelahiran, akta perkawinan, akta kematian dan Kartu Identitas Anak (KIA). Seluruh permohonan yang masuk akan dituntaskan saat ini juga dan pelayanan yang diberikan semua gratis.

“Pelayanan urusan dukcapil sudah dekat. Masyarakat dapat mengurus dokumen kependudukan di Kantor Camat, Kantor Desa/Kelurahan dan Puskesmas se – Dairi. Pelayanan ini dilakukan untuk mempermudah dan mendekatkan pelayanan sampai kepada masyarakat. Anak lahir di Puskesmas, orangtua akan mendapat Akta Lahir Anak, perubahan Kartu Keluarga (KK) karena penambahan anggota keluarga dan Kartu Identitas Anak (KIA)”, ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Desa (Kades) Simungun Victor Sihombing dalam kata sambutannya menyambut gembira atas kedatangan Dinas Dukcapil dalam memberikan pelayanan jempol di Desanya.

“Kami sangat antusias menyambut kedatangan Dinas Dukcapil dalam memberikan pelayanan hari ini karena masih banyak warga kami belum lengkap dokumen kependudukannya. Oleh karena itu, kami mengharapkan seluruh warga Desa Simungun untuk memanfaatkan kegiatan ini dalam menyelesaikan dokumen kependudukan yang diperlukan,” kata Kades dihadapan warganya.

Penduduk yang hadir dalam pelayanan ini kami batasi karena pada waktu yang sama juga dilakukan pelayanan vaksinasi. Pembatasan warga ini dilakukan untuk mencegah kerumunan dilokasi ini. Walo begitu, warga akan datang bergantian untuk mengurus dokumennya.

Disela-sela pelayanan berlangsung, Kadis Dukcapil bersama Kades Simungun menyerahkan dokumen kependudukan secara simbolik kepada warga yang terbit dokumennya seperti Kartu Keluarga (KK) kepada Edison Lumban Gaol, KTP-el kepada Sertina Samosir, Akta lahir kepada Hari Paskah Niko Lumban gaol, Akta Kawin kepada pasangan suami isteri Daniel Samosir dan Nurhayati Siagian dan KIA kepada Riski Flores Siregar.

Setelah selesai pelayanan, Kadis Dukcapil Dairi menyampaikan hasil dokumen yang terselesaikan dalam kegiatan tersebut seperti Kartu Keluarga (KK) sebanyak 19 lembar, rekam KTP-el sebanyak 17 orang, Cetak KTP-el sebanyak 36 keping, rekam KIA sebanyak 24 orang, Cetak KIA sebanyak 77 keping, Cetak Akta lahir sebanyak 45 lembar, Akta kawin sebanyak 7 lembar.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button