Peristiwa

Bupati dan Wabub Tak Hadir di Paripurna Pengambilan Keputusan Pelaksanaan APBD 2021, DPRD Pakpak Bharat Pilih WO

SINDEKA, pelitarakyatcom – Sejumlah anggota DPRD Pakpak Bharat memilih untuk Walk-out (keluar) dari ruang paripurna pengambilan keputusan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) pertanggungjawaban pelaksanaan APBD tahun 2021, Rabu (10/8/2022).

Sikap yang ditunjukkan dewan tersebut lantaran mereka tidak terima karena bupati dan wakil bupati tidak hadir dalam paripurna. Dewan pun mempertanyakan sikap bupati dan wakil bupati kenapa tidak hadir dalam paripurna. Padahal menurut dewan, kegiatan ini sudah jauh hari dijadwalkan.

Lalu anggota dewan mempertanyakan apakah keterwakilan Pj Sekretaris Daerah tidak menyalahi aturan ketika mengambil sebuah keputusan.

Sekretaris DPRD Pakpak Bharat pun membacakan surat. Bahwa kapasitas sekda adalah ditunjuk sebagai pelaksana harian bupati karena bupati sedang melakukan kunjungan kerja.

Iklan

Hujan interupsi pun datang. Dewan mempertanyakan ketidakhadiran bupati dan wakil bupati.

Baca Juga  Moderamen GBKP 2020-2025 Dikukuhkan, Gubernur Edy Rahmayadi: Selamat Menjalankan Tugas

Situasi pun makin tak kondusif. Ada anggota nyaris baku hantam. Sebagian dewan pun memilih keluar dari ruang paripurna. Termasuk Fraksi Demokrat, dari Fraksi Gerindra, anggota dewan dari PDI Perjuangan.

Di ruangan masih ada beberapa anggota dewan terlihat berdebat sesama anggota dewan. “Kami dari Fraksi Demokrat keluar pimpinan, kami menilai ketidakhadiran bupati dan wakil bupati melanggar tata tertib,” kata Sin Adestin Berutu dari Fraksi Demokrat.

Baca Juga  Tembok Penahan Longsor, Warga STTU JULU Harapkan Perbaikan

Demikian juga Anggota DPRD Fraksi PDI Perjuangan Parulian Boangmanalu keluar dari ruang paripurna. “Ini sudah melanggar pimpinan, saya kira pak bupati dan wakil bupati harus hadir,” ujarnya.

Situasi itu makin memanas.

Iklan

Lalu satu-satu anggota dewan pun meninggalkan ruang paripurna.

Elson Angkat yang sebelumnya menjadi pimpinan sidang meminta dewan untuk kondusif.

ASN dan yang sebelumnya memadati ruang atas paripurna keluar perlahan. Demikian yang berada di ruang paripurna, ASN keluar dengan tertib. Sementara dewan yang sebelumnya di ruang paripurna membubarkan diri.

#dprdpakpakbharat #nyarisricuh

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Iklan
Back to top button