Daerah

Perusahaan Pupuk Cair Hayati Nasional Buat Demplot di Dairi, Eddy Berutu: Semoga Berhasil

SLEMAN, pelitarakyat.com – Bupati Dairi Eddy Keleng Berutu mengunjungi salah satu perusahaan pupuk cair hayati di Kabupaten Sleman, Yogyakarta, Rabu (21/6/2023). Dalam kunjungan itu, Bupati turut didampingi Kepala Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan, dan Perikanan Kabupaten Dairi, Robot Simanullang.

Bupati mengatakan, kunjungan ke salah satu perusahaan pupuk cair hayati, PT Indoraya Mitra Persada untuk menjajaki kerjasama atau sharing soal pupuk cair hayati.

Menurutnya, informasi yang diperolehnya pupuk cair yang sudah dipasarkan ke luar negeri seperti Jepang, Australia, Jordania, hingga negara lain mampu meningkatkan hasil pertanian para petani.

“Untuk itulah saya dan dinas pertanian kemarin berkunjung ke sana. Di sana kami mendapat penjelasan langsung dari perusahaan PT Indoraya Mitra Persada bagaimana fungsi pupuk cair hayati organik itu. Kami juga diajak melihat hasil pupuk cairnya,” kata Bupati.

Iklan

Sementara Kepala Dinas Pertanian Robot Simanullang, kunjungan ke Sleman itu dalam rangka menjajaki kerjasama dengan PT Indoraya di Sleman.

Baca Juga  Ketua YKI Dairi Sosialisasi Dampak Kanker Serviks

Hasilnya kata Robot, pihak perusahaan merespon apa yang menjadi harapan Pemerintah Kabupaten Dairi dalam hal ini permintaan Bupati. Misalnya, Pemerintah Dairi berharap sebelum ada kerjasama dilakukan terlebih dahulu Demplot atau percontohan pupuk cair apakah cocok digunakan di Dairi.

Lalu selanjutnya, jika hasilnya memuaskan maka kerjasama akan dilanjutkan. Dan menurut Robot, pihak perusahaan sedang memikirkan di mana lokasi Demplot.

Baca Juga  Bunda Paud Dairi : Pendidikan Kepada Anak Usia Dini Untuk Memastikan Tumbuh Kembang Anak-anak di Dairi

“Tapi pada prinsipnya mereka sangat setuju dibuat Demplot di Dairi. Nanti petani kita akan terlebih dahulu akan diajari bagaimana penggunaan pupuk cair hayatinya,” jelas Robot.

Robot mengatakan, dalam kunjungan tersebut Bupati juga diajak melihat produk-produk perusahaan pupuk cair hayatinya.

“Kami di ajak melihat pabriknya langsung. Lalu kami juga diperlihatkan bagaimana mekanisasi pertanian menggunakan pupuk cair hayati yang dikembangkan mereka. Kami juga senang, respon mereka cukup baik. Semoga penjajakan kerjasama ini berhasil,” ucapnya.

Iklan

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Iklan
Back to top button