Uncategorized

Sekolah SMP di Dairi Siap Wujudkan Dairi Cerdas Dairi Unggul

DAIRI, pelitarakyat.com– Sejumlah SMP di Kabupaten Dairi melaksanakan bimbingan teknis (bimtek) Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM), sebagai langkah awal untuk mempersiapkan penerapan Kurikulum Merdeka Tahun Ajaran 2023/2024 di tingkat satuan pendidikan SMP.

Kepala sekolah SMP Negeri 3 Sidikalang Asima Simarmata, saat dikunjungi di Ruang Rapat Guru SMPN 3 Sidikalang, Kamis (20/7/2023), menyampaikan persiapan penerapan Kurikulum Merdeka untuk Tahun Ajaran 2023/2024 sudah sesuai dengan arahan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (kemendikbudristek).

“Saat ini kami melaksanakan bimtek IKM untuk mempersiapkan diri dalam menerapkan Kurikulum Merdeka. Maret 2023, kami sudah mendaftarkan diri dalam komunitas belajar sebagai bentuk komitmen SMPN 3 Sidikalang dalam menerapkan kurikulum merdeka, demi terwujudnya Dairi Cerdas, Dairi Unggul, dan Indonesia Hebat,” ujarnya.

Baca Juga  Bupati Eddy Berutu: Bimtek Ini Sangat Penting Bagi ASN

Disampaikan Asima, terdapat tiga hal yang harus dipahami satuan pendidikan saat akan mengimplementasikan kurikulum merdeka, yaitu perbedaan Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013, cara merancang pembelajaran yang berpusat pada murid, dan pemahaman penguatan profil pelajar Pancasila yang akan menjadi pedoman dalam proses pembelajaran.

Iklan

“Dengan dilaksanakannya Kurikulum Merdeka maka proses pembelajaran di kelas akan lebih menyenangkan karena lebih berfokus pada materi yang esensial dan pengembangan kompetensi peserta didik, sehingga pembelajaran menjadi lebih sederhana dan mendalam,” katanya.

Baca Juga  KKNT USU Turun ke 3 Kecamatan di Dairi

Selain itu, ujar Asima, Kurikulum Merdeka lebih relevan dan interaktif karena memberikan kesempatan lebih luas kepada peserta didik untuk secara aktif mengeksplorasi isu-isu aktual yang mendukung pengembangan karakter dan kompetensi profil pelajar Pancasila.

“Untuk itu diperlukan adanya kerja sama yang baik dari seluruh pihak untuk serentak bergerak bersama demi mensukseskan pebelajaran yang menyenangkan dan interaktif melalui penerapan Kurikulum Merdeka. Sehingga tidak hanya menciptakan anak didik yang pintar, namun juga berkarakter,” ujarnya.

Sebelumnya, beberapa sekolah di Dairi juga telah melaksanakan bimtek IKM diantaranya SMP Negeri 1 Parbuluan, SMP Negeri 2 Tigalingga, dan SMP Negeri 1 Silima Pungga-pungga.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Iklan
Back to top button