Uncategorized

SMPN 3 Sidikalang Gelar Seleksi Siswa Kelas Unggulan Secara Ketat dan Transparan

DAIRI, pelitarakyat.com- Proses seleksi untuk kelas unggulan di SMPN 3 Sidikalang berlangsung secara ketat dan transparan. Proses seleksi tersebut dilaksanakan, Senin (17/7/2023) di SMPN 3 Sidikalang. Hal ini disampaikan langsung oleh Kasek SMPN 3 Sidikalang, Asima Ermawaty Simarmata, Selasa (18//7/2023) di ruang kerjanya.

“Jadi sebelum Proses Belajar Mengajar (PBM) dimulai terlebih dahulu kita lakukan seleksi kelas unggulannya. Adapun mata pejalaran yang di ujikan yaitu IPA, IPS, Matematika dan Bahasa Inggris. Hal itu kita lakukan supaya sebelum PBM di mulai, siswa kita yang prestasinya menonjol, bisa dikelompokan dalam satu kelas khusus,” Ujarnya.

Dikatakannya, jumlah siswa yang mendaftar ke SMPN 3 Sidikalang sebanyak 415 orang dan yang diterima sesuai dengan prosedur alur pendaftaraan yang dilakukan secara Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online sebanyak 288 orang dari jalur afirmasi, zonasi, perpindahan orangtua dan jalur prestasi.

Baca Juga  Pemkab Dairi Berikan Bantuan kepada Korban Kejadian Puting Beliung Warga Tanjung Beringin

“Jumlah peminat untuk SMPN 3 Sidikalang ini cukup tinggi. Namun kita kan memiliki daya tampung sesuai dengan yang sudah ditentukan. Jadi dari 288 siswa baru kita, ada 36 siswa yang berhasil duduk di kelas unggulan sesuai dengan hasil seleksi,” Tuturnya.

Iklan

Dikatakannya, PBM di SMPN 3 untuk seluruh siswa sudah berjalan dengan baik dan lancar seperti biasanya. Namun, untuk sistem pelaksanaan pembelajaranya kelas unggulan menerapkan kurikulum plus ditambah pendalaman materi IPA, IPS, Bahasa Inggris, Matematika, dan beberapa ekstra kurikuler untuk mengembangkan minat, bakat dan kemampuan para siswa.

Baca Juga  Bupati Eddy Berutu Berikan Tali Asih Kepada LVRI Se-Kecamatan Sumbul, Dairi

Lebih lanjut dikatakan Asima, pembelajaran unggul dapat memudahkan dalam membina dan mengembangkan kecerdasan, keterampilan, kemampuan, bakat, minat, sikap dan perilaku siswa agar siswa memiliki indikator prestasi yang tinggi dan unggul sesuai dengan potensinya.

“Jadi sesuai dengan visi misi dibawah kepemimpinan Bupati Dairi, Eddy Berutu bahwa kita harus mewujudkan Dairi Cerdas Dairi Unggul. Jadi dengan pembinaan kelas unggulan ini juga, kita bisa mengasah, memunculkan potensi dan skill yang dimiliki siswa kita, sehingga visi misi tersebut bisa terwujud,” Katanya.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Iklan
Back to top button