Uncategorized

Bupati Eddy Berutu Komitmen Tingkatkan Layanan Posyandu di Dairi

DAIRI, pelitarakyat.com- Bupati Eddy Berutu mengatakan akan terus berkomitmen meningkatkan pelayanan posyandu di Kabupaten Dairi.

Bupati mengatakan posyandu memiliki peran penting dalam menjangkau pelayanan kesehatan hingga tingkat terkecil agar fasilitas kesehatan dapat dirasakan masyarakat secara optimal.

“Melalui transformasi posyandu, maka posyandu akan bekerja menjadi lebih efektif dan efisien. Posyandu akan menjadi tempat menekan permasalahan kesehatan, mulai dari angka kematian ibu, angka kematian bayi, bayi baru lahir, balita, remaja, sampai dengan lansia,” ucap Bupati melalui Pejabat Sekda Charles Bancin dalam Rapat Koordinasi Kelompok Kerja Operasional (Pokjanal) Posyandu di Kabupaten Dairi Tahun 2023, bertempat di One’s Hotel Sidikalang, Selasa (12/9/2023).

Baca Juga  Gapoktan Arih Ersada Ucapky Terima Kasih kepada Bupati Dairi, Karena Mendapat Bantuan Alsintan

Lebih lanjut, Bupati menyampaikan, rapat koordinasi yang dilaksanakan harus memiliki tindak lanjut rencana aksi dan dapat memberikan hasil yang luar biasa kepada masyarakat.

Iklan

“Harus kita akui, kesehatan merupakan salah satu indikator yang mempengaruhi indeks pembangunan manusia (IPM). Maka, melalui peningkatan kualitas kesehatan diharapkan menciptakan masyarakat yang sehat dan unggul. Ini adalah langkah awal untuk kita dapat mewujudkan Dairi Sehat, Dairi Cerdas, dan Dairi Unggul,” tutur Bupati melalui Charles Bancin.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Dairi Henry Manik menyampaikan Pemerintah Kabupaten Dairi berkomitmen dalam meningkatkan pelayan posyandu di Kabupaten Dairi.

“Pelayanan kesehatan yang difokuskan ke arah pencegahan merupakan transformasi layanan primer. Transformasi ini berada di posyandu dan puskesmas. Maka, posyandu, puskesdes, dan pustu akan menjadi ujung tombak pelayanan kesehatan di masyarakat,” ujarnya.

Baca Juga  Bagikan Bantuan Nutrisi di Kecamatan Siempat Nempu Hilir, Bupati Eddy Berutu: Dukung Program Penurunan Stunting

Setelah adanya transformasi kesehatan, ujar Henry Manik, kini puskesmas tidak hanya menjadi tempat imunisasi bagi bayi, namun juga mencegah kematian ibu. Oleh karena itu, kehadiran posyandu diharapkan dapat meningkatkan kesehatan di wilayah kerjanya masing-masing.

“Peningkatan layanan kesehatan merupakan bentuk komitmen kita bersama untuk mewujudkan masyarakat yang sehat. Sehingga apa yang menjadi cita-cita kita bersama, Dairi Unggul, dapat kita wujudkan melalui masyarakat yang sehat,” katanya.

Iklan

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Iklan
Back to top button