Pendidikan

Kelompok 033 KKN-PPM Universitas Malikussaleh Laksanakan Kompetisi Lomba Adzan, Hafalan Surah, dan Dakwah Cilik

Aceh Utara, Pelitarakyat.com-Suasana religius dan semangat kompetisi memenuhi Desa Paloh Igeuh pada kegiatan lomba Adzan, Hafalan Surah Pendek, dan Dakwah Cilik tingkat SD, dengan tema “Mewujudkan Potensi Raih Prestasi Generasi Islam yang Unggul dalam Bidang Qur’ani.” Acara yang dihelat di desa ini berhasil memotivasi anak-anak untuk menunjukkan kemampuan dan dedikasi mereka dalam bidang agama.

Lomba yang diselenggarakan pada tanggal 12 November ini diikuti oleh anak-anak Desa Paloh Igeuh dan beberapa siswa-siswi dari SDN 9 Dewantara. Ketiga kategori lomba, yakni Adzan, Hafalan Surah Pendek, dan Dakwah Cilik, memberikan peluang kepada peserta untuk mengeksplorasi dan menunjukkan potensi Qur’ani mereka.

Dua dewan juri yang ahli dalam bidang keIslaman, yaitu Tengku Muhammad Abdul Fajar dan Tengku Muhammad Zahrul Khudni, bertanggung jawab untuk menilai penampilan peserta. Mereka memberikan penilaian tidak hanya pada aspek teknis, tetapi juga pada keindahan bacaan, makna yang disampaikan, serta keberanian peserta dalam menyampaikan dakwah cilik.

Baca Juga  Lagi-lagi Kadisdikbud Terus Benahi Dunia Pendidikan Di Subulussalam, lni Gerakannya

Bapak Fajar, salah satu dewan juri, menyatakan, “Ini adalah ajang yang luar biasa untuk melihat semangat anak-anak dalam mengeksplorasi dan mengasah kemampuan Qur’ani mereka. Mereka adalah generasi masa depan yang harus didukung dalam pengembangan potensi keIslaman mereka.”

Iklan

Peserta lomba, selain menunjukkan kefasihan dalam membaca Adzan dan hafalan surah, juga ditantang untuk menyampaikan pesan dakwah cilik yang mengedukasi dan inspiratif. Hal ini memberikan dimensi yang lebih luas, tidak hanya pada aspek teknis, tetapi juga pada pemahaman dan pengamalan nilai-nilai keIslaman.

Baca Juga  Bunda Paud Dairi : Pendidikan Kepada Anak Usia Dini Untuk Memastikan Tumbuh Kembang Anak-anak di Dairi

Tengku Khudni dan Tengku Fajar, menambahkan, “Saya sangat terkesan dengan semangat dan kekompakan anak-anak dalam kegiatan ini. Mereka adalah pewaris nilai-nilai keIslaman yang perlu kita perkuat.”

Lomba ini bukan hanya sebagai ajang kompetisi semata, tetapi juga sebagai bentuk investasi dalam pembentukan karakter dan spiritualitas generasi Islam di desa. Dengan keberhasilan lomba ini, diharapkan anak-anak dapat semakin termotivasi untuk menjelajahi dan mendalami ilmu keIslaman, menjadi pilar yang kuat dalam mengembangkan nilai-nilai keIslaman di masyarakat.

Program kerja ini dilaksanakan dan disukseskan oleh mahasiswa/i kelompok 033 KKN-PPM Universitas Malikussaleh, yang turut serta dalam mendukung acara ini guna memperkuat pembinaan nilai-nilai keIslaman di kalangan anak-anak Desa Paloh Igeuh. (Tim)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Iklan
Back to top button