Tiga Desa Di kecamatan Lawe Sigala-gala Lakukan Pencegahan Hama Tikus Jagung

Tiga Desa Di Kec.Lawe Sigala-gala Lakukan Pencegahan Hama Tikus

ACEH TENGGARA, Pelitarakyat.com - Berburu Hama Tikus yang semakin meresahkan membuat masyarakat yang berada di Desa Lawe Tua Persatuan, Desa Lawe Tua Makmur dan Desa Lawe Tua Gabungan yang berada di Kecamatan Lawe Sigala-gala. Jumat, (29/01/2021) Saking meresahkan sehingga ke Tiga Desa Kepala Desa bermusyawarah untuk Bergotong-royong bersama masyarakat Perwakilan Desa Masing-masing.

Kepala Desa Lawe Tua Gabungan, Pinter Nababan merasa prihatin atas peristiwa yang terjadi pada Hama Tikus pada Tanaman Pertanian Bertani Jagung, membuat Kepala Desa Lawe Tua Gabungan tergerak hatinya untuk membasahi hama Tikus tersebut bersama warga untuk Bergotong-royong dengan alat seadanya. Alat yang digunakan masyarakat yaitu, Parang, Korek Api, serta alat Pembasmi tikus, Berkumpul Di Setiap Lubang Tikus Bersarang dan Berkembang Biak,"Kata Kades Pinter Nababan.

Kades Lawe Tua Persatuan, Masto Suparman Juga ikut serta mengajak Warganya untuk Bergotong-royong bersama masyarakat Yang berdampingan dengan masyarakat Desa Lawe Tua Gabungan. Kades Bersama Warganya merasakan hal yang sama, terhadap Hama Tikus yang semakin meningkat dan tak terhindari, semakin bergejolak Hari Demi hari, Pada musim Jagung yang masih Belum saatnya Dipanen oleh Setiap Warga, Sudah hampir setengah ladang jagung masyarakat habis Dimakan Tikus, " Ucap Kades Masto Suparman.

Kepala Desa Lawe Tua Makmur, Hasiholan Silalahi, Dengan adanya Jalin kerjasama antara Desa yang berdampingan di Tiga Desa ini, Yang mengalami hal yang Serupa, maka kegiatan Gotong-royong Seperti ini mestinya setiap Musim terus kita lakukan Pencegahan awal. maka tanaman Jagung masyarakat dapat terhindar dari Hama Tikus, serta hasil Penen jagung setiap Musim dapat menghasilkan hasil panen yang berlimpah Ruah."Ucap Kades Hasiholan Silalahi.

'Gerakan dan masukkan antara Warga Petani Jagung Dengan Pemerintah Desa perlu terus ditingkatkan, agar keberadaan Pemerintah Desa dan Warga dapat terjalin hubungan baik, Demi kemajuan Ekonomi Masyarakat yang ada Di Desa kita,"Ucap Kades Hasiholan Silalahi.

Penulis: Sugito Siagian
Editor: Pelitarakyat.com
Photographer: Sugito Siagian

Baca Juga