Bupati Eddy KA Berutu Jalin Kerjasama Dengan Perpustakaan Ri

Bupati Eddy KA Berutu Jalin Kerjasama Dengan Perpustakaan RI

DAIRI, Pelitarakyat.com - Tadi siang Selasa (23/02/2021) bertempat di Balai Budaya Sidikalang; saya menjadi salah seorang narasumber dalam Talk show Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat Kabupaten Dairi tahun 2021 & penandatanganan nota kesepahaman Perpustakaan Nasional RI dengan Pemkab Dairi, Sekolah Tinggi agama Islam Al Ikhlas Sidikalang, dan Sekolah Tinggi Oikumene Injili Sidikalang, Sekolah Tinggi Bibelvrow HKBP dan Institut Teknologi DEL,

Nara sumber diantaranya Kepala Perpustakaan Nasional Drs. Syarif Bando,MM, Anggota Komisi X DPR-RI Prof.DR Ir. Djohar Arifin Husin, Kepala dinas perpustakaan dan arsip Provinsi Sumatera Utara Ir. Harlen Purba, MM.

Pada era industri 4.0 peran perpustakaan tidak semata-mata wadah membaca buku, tapi perpustakaan sudah mengalami transformasi berbasis inklusi sosial dimana perpustakaan berfungsi memfasilitasi masyarakat dalam mengembangkan potensi dengan dasar keragaman budaya, kemauan menerima perubahan dan kesempatan berusaha.
"Pemerintah kabupaten Dairi akan menjalankan kegiatan transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial dengan menjadikan perpustakaan umum sebagai pusat belajar dengan melibatkan berbagai sektor swasta, Perguruan Tinggi, sekolah dan pemerintah desa"

Anggota Komisi X DPR-RI, Prof.DR Ir. Djohar Arifin Husin saat memulai paparannya menegaskan, Perpustakaan pada hakikatnya akan membangun peradaban yang baru bagi para ilmuwan agamawan wartawan, budayawan dan politikus.

Saya punya alasan tersendiri, kenapa mesti Dairi yang saya pilih dari 416 kabupaten yang ada di Indonesia.
Alasanya adalah karena sikap Bupati Dairi yang memiliki kepedulian pada dunia pendidikan," ungkap Djohar.

Dalam acara ini, Pemerintah Kabupaten Dairi juga menerima secara simbolis kenderan perpustakaan keliling yang bersumber dari APBN, dan juga dilaksanakan launching Pojok Baca Digital (Pocadi) Dairi.

Penulis: Redaksi
Editor: Pelitarakyat.com
Photographer: Istimewa

Baca Juga