Peristiwa

Bupati Dairi: Bishop GKPPD Terpilih Adalah Pilihan Tuhan

SIDIKALANG, pelitarakyat.com – Bupati Dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu menghadiri pembukaan Sinode Sinunu Gereja Kristen Protestan Pakpak Dairi (GKPPD) ke X, Sabtu (8/5/2021) berpusat di Balai Centrum, Sidikalang.

Bupati Dairi dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada panitia sinone sinunu ke X yang telah mengundangnya dan melaksanakan sinone sinudu secara virtual. “Saya atas nama pemerintah Kabupaten Dairi merasa bangga dan senang atas undangan ini. Mari kita menyukseskan penyelenggaran sidang sinunu ke x ini,” katanya Dr Eddy Keleng Ate mengawali sambutan.

Eddy mengatakan, Pemkab Dairi menyerahkan sepenuhnya kegiatan ini berjalan sesuai mekanisme yang telah dibuat oleh panitia. Pihaknya dari Forkopinda Dairi mendoakan dan mengawal agar proses sidang sinunu ini berjalan dengan baik.

“Kami Forkopinda Dairi mendoakan dan mengawal sinode ini. Nanti siapapun bishop yang terpilih adalah pilihan Tuhan. Dan yang terpilih adalah diutus untuk mengayomi semua jemaat GKPPD yang ada di seluruh dunia. Kami yakin orang-orang atau kita individu atas utusan gereja untuk memberikan hak suara adalah yang dipilih mandiri dan berpikir untuk kepentingan yang lebih besar ke depan,” katanya.

Iklan

“Memang dalam pemilihan ada yang terpilih dan ada yang menanti terpilih pada periode berikutnya. Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang memiliki tangung jawab. Saya juga berharap tidak ada perpecahan akibat peristiwa ini. Pemimpin kita yang terpilih nanti adalah pendeta yang terbaik dan ke depan perlu sinegritas lebih baik gereja dan pemerintah,” ujarnya.

Baca Juga  Bupati Dairi Hadiri Peletakan Batu Pertama Pembangunan Masjid Telaga Zam-zam

Ia juga mengatakan, Pemerintah Kabupeten Dairi siap kerjasama dengan GKPPD dalam pembangunan untuk mencapai visi misi Dairi Unggul yakni harmoni dalam keberagaman. “Kami juga mengajak pimpinan GKPPD yang nantinya terpilih untuk bekerja sama. Tidak hanya pimpinan gereja kami juga mengharapkan peran dari tokoh masyarakat,” ucapnya.

“Sekali lagi, bapak ibu selamat dan salut kepada bishop dan seluruh jajaran bisa mengatasi sinone sinunu ke x ini dengan menggunakan vidcon. Saya mohon maaf tidak bisa mengikuti penuh. setelah ini ada tugas ditempat lain. Mungkin juga besok kalau saya wajib hadir izinkan saya menyampa lewat vidcon. Sekali lagi semoga kegiatan kita ini diberkati oleh roh kudus dan pemimpin yang terpilih Tuhan dan takut akat Tuhan,” tukasnya.

Baca Juga  Penutupan Musrenbang Dairi Tahun 2023, Eddy Berutu: Menyelaraskan Program Kabupaten dengan Provinsi

Sebagaimana diketahui, GKPPD akan melaksanakan sinode sinunu ke X untuk memilih pucuk pimpinan GKPPD yakni Bishop dan sekretaris jenderal (Sekjen). Acara tersebut 8-9 Mei 2021 digelar secara virtual. Acara sinode sinunu ini dilaksakan di 7 wilayah lokasi pemilihan yakni; wilayah 1 GKPPD Salak Kota, Wilayah 2 Jambu Rea, Wilayah 3 Kerajaan, Wilayah 4 Sumbul, Wilayah 5 Medan, Wilayah 6 Jakarta dan wilayah 7 Subulussalam.

Merujuk dari wikipedia, pimpinan tertinggi GKPPD adalah seorang Bishop dan Sekretaris Jenderal. GKPPD didirikan pada tanggal 25 Agustus 1991.

Masih dari wikipedia, tercatat ummat GKPPD saat ini mencapai 35.873 jiwa. Kemudian saat ini, GKPPD memiliki sekitar 140 gereja yang tersebar di Provinsi Sumatra Utara, Aceh, DKI Jakarta, dan Kepulauan Riau. Gereja dikelompokkan dalam resort, yakni sebutan untuk batas-batas kewilayahan dalam GKPPD.

Iklan

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Iklan
Back to top button