Ekonomi

Melestarikan Warisan Budaya Tenun Ulos Silalahi Sambil Berusaha

SILAHISABUNGAN, pelitarakyat.com – Ketua TP PKK Kabupaten Dairi Romy Mariani Eddy Berutu menghadiri penandatangan kontrak kerjasama Dewan Kerajinan Nasional Daerah(Dekranasda) kabupaten Dairi dengan Kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) ‘Marsihaholongan’ dalam rangka pemberdayaan pengrajin tenun ulos dan pengembangan produk tenun ulos di Desa Silalahi I, Kecamatan Silahisabungan, yang diadakan di kantor Desa Silalahi I, Senin(05/07/2021)

Dalam arahan dan bimbingannya, ketua TP PKK menjelaskan kegiatan kita ini penting karena pemerintah kabupaten Dairi menaruh perhatian khusus bagi desa Silalahi I.

“Desa Silalahi I mendapat perhatian khusus dari pemerintah daerah, sebab, untuk ke Dua kalinya desa ini telah terpilih menjadi desa binaan PKK sejak tahun lalu. Kegiatan yang sudah dilakukan yaitu pelatihan dan pembinaan dilaksanakan dinas Perindagkop melalui pelatihan pembuatan keripik dari pisang kepok, talas, bawang goreng dan singkong. Peralatan diberi juga berupa kompor, kuali, alat pengiris, sealer, sekaligus mendatangkan pelatihnya, bahkan hasilnya sudah kita jual ke dinas-dinas. Ini catatan penting buat kita,” katanya.

Untuk tahun ini kata Ibu Romy, Desa Silalahi I juga menjadi desa binaaan UP2K dengan maksud agar apa yang sudah dilakukan tahun lalu dapat berkelanjutan dan kita dapat merasakan hasilnya.

“Jadi kita mempertahankan desa ini jadi desa binaan agar apa yang kita peroleh tahun lalu berkelanjutan, dan nantinya tim dari propinsi juga akan melakukan monitoring ke desa ini,” ungkapnya.

Romy menegaskan, akan senantiasa siap membantu kelompok petenun Marsihaholongan bilamana menemukan kendala ke depannya.

“Apapun kendalanya. Kita selesaikan secara bersama-sama. Saya berharap semoga kerjasama ini dapat menigkatkan pendapatan perekonomian anggota petenun, untuk meningkatkan kesejateraan sekaligus melestarikan warisan budaya tenun ulos Silalahi l,” kata Ibu Romy.

Kegiatan penandatanganan kontrak kerjasama ini turut juga dihadiri kepala dinas perindustrian, perdagangan, koperasi dan UMKM sekaligus ketua harian Dekranasda Dairi Oloan Hasugian, Camat kecamatan Silahisabungan, kepala Desa Silalahi I, Anggiat Sihaloho dan para peserta pembinaan UP2K. Kelompok petenun UPPKS Marsilahaholongan yang diketuai Pretty Purba.

Sebagai informasi, UP2K merupakan
(Upaya Peningkatan Pendapatan Keluarga ) adalah merupakan salah satu program penanggulangan kemiskinan khususnya bagi kaum perempuan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button