Peristiwa

Ditertibkan untuk Adil

SIDIKALANG, pelitarakyatcom – Harapan pedagang yang berjualan di pusat pasar Sidikalang sewaktu unjukrasa menuntut agar pedagang berada di luar untuk disuruh masuk sudah dipenuhi pemerintah Kabupaten Dairi.

Pagi hari, Sabtu 4 September 2021 pemerintah Dairi melalui Satpol PP, Dinas Perhubungan (Dishub) dibantu TNI/Polri, manajemen Perusahaan Daerah (PD) Pasar Sidikalang menertibkan pedagang yang berjualan di luar pasar. Pedagang yang berada di jalan raya dan di atas trotoar dipersilahkan masuk ke dalam pasar.

Penertiban pun berlangsung kondusif. Petugas dengan santun mengajak pedagang di luar pasar agar segera memindahkan barangnya.

Situasi itu pun tidak tegang.

Iklan
Satpol PP Pemkab Dairi ikut membantu pedang membawa barang dagangannya ke pusat pasar

Dari atas mobil Satpol PP, seorang petugas dengan menggunakan alat pengeras suara menjelaskan yang dilakukan pemerintah menertibkan pedagang yang buka lapak di jalan raya dan di atas trotoar adalah sebagai keinginan pedagang dari dalam pusat pasar Sidikalang.

“Bapak ibu, ini adalah tuntutan teman-teman kita dari pedagang dari dalam sana. Mereka ingin tidak ada lagi berjualan di luar. Mereka berharap pedagang diberlakukan secara adil. Semua berjualan di dalam pusat Pasar,” ucap petugas.

“Sekali lagi, Beta hamu. Eta ke, ayo jualan ke dalam. Di sana ada lokasi jualan yang lebih layak. Bersih dan lokasinya aman,” demikian lagi bunyi himbauan dari petugas patroli.

“Kami nggak mengusir, tapi kami memindahkan. Eta ma inang. Eta mo, ayo ke dalam. Jangan di Jalan. Ini fasilitas ma umum. Ini jalan raya. Sebelum bapak ibu ke dalam kami tidak pergi”.

Ajakan tersebut di ulang berkali-kali.

Bersamaan dengan ajakan tersebut, para petugas mengajak pedagang untuk segera pindah.

Iklan

Petugas yang mendatangi pedagang yang menjajakan jualannya di jalan raya, perlahan mengkemasi barang-barangnya. Demikian juga petugas Satpol PP bergerak membantu pedagang memidahkan dagangannya.

Baca Juga  Sijago Merah Hanguskan Rumah Warga Di Desa Titi Harapan
Bupati Dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu bersama direksi PD Pasar Sidikalang menghimbau agar pedagang tak lagi berjualan di trotoar jalan.

Direktur operasional PD Pasar Sidikalang, Roy Candra Simanjuntak yang berada saat penertiban mengatakan, penertiban ini adalah sebagai tindaklanjut dari kunjungan bupati Dairi beberapa waktu lalu.

Candra mengatakan, pihaknya akan terus menghimbau pedagang untuk berjualan di dalam pusat pasar. “Kita akan terus menata pasar ini, soal pedagang yang berada di luar akan kita ajak berjualan di dalam pasar. Jadi ke depan semua harus tertib,” ucap Candra.

Candra yang berada di lokasi penertiban tampak beberapa kali memberikan himbauan kepada pedagang supaya tidak lagi berjualan di trotoar.

“Ke dalam kita semua, di sana kita bebar berjualan. Mari sama-sama kita jaga pasar kita ini,” katanya.

Pantauan di lapangan yang menjadi menjadi target utama penertiban adalah jalan Sekolah, Jalan Trikora dan Jalan Pekan.

Pengelola pusat pasar Sidikalang mereka diarahkan berjualan di pelataran parkir blok A samping sekolah.

Berjualan di dalam

Namun perlu diketahui, penertiban ini sebagai tindak lanjut atas kunjungan bupati Dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu, Minggu lalu agar pedagang tak ada lagi berjualan di luar pasar.

Bupati Eddy menyebut kehadirannya beserta tim untuk melihat langsung kondisi pasar dan mendengarkan keluhan para pedagang secara langsung.

Saat sidak, Bupati Eddy langsung meminta kepada pedagang untuk berjualan di dalam pasar dan melarang adanya berjualan di kaki lima pasar. Diakuinya, hal tersebut dilakukan untuk perwujudan keadilan dengan memberikan kesempatan yang sama pada seluruh pedagang mendapatkan pembeli, serta persaingan yang sehat dengan adanya pemenuhan kewajiban sebagai pedagang yang resmi.

Baca Juga  Mentri Siti Nurbaya Bakar Bertemu Dengan Masyarakat Adat Tano Batak

“Silahkan berjualan di dalam amang inang. Masih ada sekitar 500 tempat kosong didalam. Kasian saudara-saudara kita yang berjualan didalam karena amang inang berjualan diluar. Mari kita sama-sama menertibkan pasar kita ini. Kita harus ada kerjasama yang baik antara Pemerintah dengan pedagang sehingga pasar kita ini bisa tertib,” pintanya kepada pedagang.

Selanjutnya, Eddy mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Dairi akan komitmen untuk menertibkan pasar Sidikalang. Eddy juga meminta kepada Himpunan Pedagang Pusat Pasar Sidikalang (HP3S) untuk membantu komitmen Pemerintah Kabupaten Dairi dalam menertibkan pasar.

“HP3S sebagai salah satu wadah pedagang di Pasar Sidikalang, tolong bantu kami juga untuk memberikan pencerahan yang baik agar pedagang kita bisa mengerti. Hal ini dilakukan untuk kebaikan kita bersama. Selain itu, saya juga meminta kepada seluruh masyarakat untuk tidak berjualan pada lokasi bukan peruntukan berdagang di sekitaran Pasar Sidikalang,” tuturnya.

Pemerintah berupaya memaksimalkan kesempatan masyarakat berdagang di pasar secara optimal sesuai ketersediaan fasilitas.

Selanjutnya, Eddy menegaskan bahwa mulai Senin akan dilakukan penindakan tegas bagi warga yang berjualan di bahu jalan, trotoar dan badan jalan seputaran pasar dan pedagang yang membentuk pasar di luar pasar Sidikalang. “Kami tau ini akan sulit bagi saudara-saudaraku tapi kami meminta mohon untuk kesadaran masing-masing bahwa ini untuk kebaikan kita bersama,” imbuhnya.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Iklan
Back to top button