Peristiwa

Tim Penggerak PKK Provsu Lakukan Monitoring Dan Pembinaan

SIDIKALANG, pelitarakyatcom – Tim Penggerak PKK Provinsi Sumatera Utara yang melakukan monitoring dan pembinaan terhadap desa percontohan pelaksanaan tertib administrasi PKK , PAAR, UP2K, Hatinya PKK dan IVA Test di Balai Budaya Sidikalang, Selasa (05/09/2021).

Hadir dalam kegiatan ini mewakili Bupati Dairi, Asisten Jhonny Hutasoit, Ketua TP PKK kabupaten Dairi, Ny.Romy Mariani Eddy Berutu, Kepala Dinas Pemdes, Junihardi Siregar, Kepala Dinas Pendidikan Jhonny W.Purba, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Rahmat Syah Munthe, Kepala Desa Bangun, Japirin Sihotang, anggota Tim Penggerak PKK dari desa binaan PKK kabupaten. Sementara dari PKK Provinsi dihadiri Wakil Ketua V TP.PKK Provsu Drs. Ruhiyat, didampingi anggota Pokja I, Ny.Nurhikmasari, anggota Pokja II Ny.Farida W.Tambunan, Wakil Ketua Pokja IV Ny. Dewi Sartika Nasution, dan Dispemdes Provsu Ny.Anita Betshida Manurung S.Pt.

Bupati Dairi dalam arahannya yang dibacakan oleh Jhonny Hutasoit menjelaskan keberadaan PKK dengan 10 program pokok PKKnya sangat sejalan dengan visi misi Dairi unggul.

“10 program PKK itu sejalan dengan visi misi Dairi yakni mewujudkan masyarakat sejahtera dalam harmoni keberagaman. Untuk itu koordinasi dan komunikasi yang baik dengan OPD terkait menjalin akan dapat memberi manfaat yang baik bagi Dairi,” katanya.

Disebut, pemerintah kabupaten menyambut baik kehadiran tim monitoring dari provsu dan berharap memberi motivasi yang baik bagi PKK Dairi termasuk dalam mewujudkan visi misi Dairi.

Iklan

“Momentum pertemuan hari ini mari kita jadikan sebagai momentum bertukar informasi, menambah pengetahuan dan keterampilan. Mari manfaatkan momen ini untuk menggali potensi diri untuk menjadi yang terbaik di kecamatan dan desa,” ujarnya.

Baca Juga  Pemuka Lintas Agama Sumut Imbau Kerukunan Tetap Kokoh di Nataru

“Kepada tim dari provinsi, semoga dapat memberi kritikan dan masukan dalam peningkatan pencapaian tim PKK kabupaten sehingga apa yang dicita-citakan oleh Dairi unggul dapat tercapai,” tambah bupati mengakhiri.

Sementara itu, Ketua PKK Ny.Romy Mariani Eddy Berutu dalam paparannya menyampaikan PKK sebagai mitra pemerintah senantiasa berperan aktif dalam mendukung program pemerintah dengan bekerjasama dengan OPD terkait.

“Kegiatan program pokok PKK dilaksanakan secara berjenjang bersamaan. Dan kita pastikan selama 2021 kegiatan PKK selalu bekerjasama dengan OPD terkait, maka diharapkan desa terutama desa binaan PKK akan dapat lebih maju, sehat dan mandiri dan benar-benar jadi contoh bagi desa yang lain,” jelasnya.

Disebutkan Ny.Romy, Ada 9 desa binaan PKK kabupaten yang sudah ditetapkan berdasarkan Keputusan Bupati Nomor 123/140/II/2021, yakni, desa Kentara Kecamatan Laeparira sebagai desa pembinaan dan percontohan untuk pola asuh anak dan remaja (PAAR). Sementara Desa Bukit Baru kecamatan Pegagan hilir sebagai desa percontohan pemanfaatan halaman dan pekarangan (Hatinya PKK).

“Desa Bukit Baru ini juga merupakan salah satu lokus stunting di kabupaten Dairi, sehingga menjadi salah satu desa binaan PKK kabupaten Dairi tahun 2021untuk pencegahan stunting,” ujar Romy.

Iklan

Selanjutnya, desa lain kata Romy Mariani yakni Siratah, Kecamatan Silima pungga-pungga menjadi desa percontohan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dan lingkungan bersih dan sehat (LBS), Desa Pegagan Julu IV kecamatan Sumbul menjadi desa percontohan pos pelayanan terpadu (Posyandu). Desa Juma Gerat kecamatan Tinggalingga menjadi desa percontohan kesatuan gerak (Kesrak) KB Kes, Desa percontohan Program Terpadu Peningkatan Program Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera (PT P2WKSS) desa Gomit, Kecamatan Siempat Nempu dan Desa Sipoltong, kecamatan Siempat Nempu Hulu sebagai desa percontohan IVA test.

Baca Juga  Jokowi Ingatkan Jangan Ada Dana Stunting Dipakai untuk Pagar Puskesmas

“Di Desa Sipoltong ini kami juga dari YKI, dimana saya sebagai ketuanya sudah melakukan sosialisasi pencegahan kanker payudara dan serviks serta memantau pelaksanaan IVA Test. Kegiatan kami disupport penuh oleh dinas kesehatan sebagai penyedia peralatan dan tenaga kesehatan. Kegiatan yang sama dilakukan di puskesmas Hutarakyat bersama ibu-ibu Persit dan bhayangkari.

Dijelaskan lagi, Desa Silalahi I menjadi desa binaan UP2K. Di desa ini jelas Ny. Romy banyak support yang sudah dilakukan PKK, termasuk penetapan kelompok-kelompok UP2K yang terdiri dari kelompok pembuatan keripik dan kelompok penenun ulos.

“Untuk Desa Bangun, ditetapkan sebagai desa percontohan tertib administrasi PKK. Semua data nantinya berbasis aplikasi khusus untuk datawisma yang kita sebut ‘Sindasa’. TP PKK kabupaten akan secara terus menerus dan berkesinambungan melakukan pembinaan serta mengali dan mengembangkan potensi desa yang ada. Semoga kinerja TP PKK semakin dirasakan warga masyarakat, kedepan kami akan fokus dalam membuka pintu inovasi dan kreatifitas warga masyarakat sebagai binaan TP.PKK,” kata Ny.Romy menyimpulkan.

Diakhir kegiatan wakil ketua V TP.PKK Provsu Drs. Ruhiyat mengapresiasi TP PKK kabupaten Dairi yang memiliki data lengkap berikut dengan visualisasi kegiatannya.

“Semua desa binaan sebagaimana semestinya lengkap dibina di Dairi. Saya senang ibu ketua pun menguasai data. Kegiatan PKK selalu berubah dan berkembang, untuk itu tetaplah melakukan pembinaan ke desa,” kata Ruhiyat menutup.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Iklan
Back to top button