Peristiwa

Buka Musrenbang, Bupati Eddy Berutu Sampaikan Fokus Pembangunan Dairi Tahun 2023

Sidikalang – Muyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang RKPD) Kabupaten Dairi tahun 2023 di buka secara resmi oleh Bupati Dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu, Senin (28/3/2022) di Balai Budaya Sidikalang.

Musrenbang RKPD tersebut mengambil tema Penguatan Sektor Unggulan Ekonomi Daerah Keterampilan Berusaha dan Perluasan Kesempatan Kerja yang turut di hadiri oleh Unsur Forkopimda Kabupaten Dairi.

Bupati Eddy Berutu dalam sambutannya mengatakan tahun 2023 merupakan tahun ke 4 perwujudan visi dan misi pemerintah Kabupaten Dairi, kami mengambil inisiatif perubahan bersama lembaga legislatif agar RPJMD Dairi lebih berdampak.

Eddy Berutu sampaikan RKPD tahun 2023 sebagai momen penting meletakkan kebijakan dasar pembangunan. Pada perubahan RPJMD 2019-2024 yang menjadi tematik yakni penguatan sektor unggulan ekonomi daerah, ketrampilan berusaha, dan perluasan kesempatan kerja dengan 5 sasaran diantaranya, peningkatan sektor pertanian, peningkatan pariwisata serta peningkatan sektor industri.

Iklan

Di sektor digitalisasi, Ia mengatakan Pemkab Dairi bersama Kementerian Kominfo akan melatih 5000 Digital Enterpreneurship Academy bagi para pengusaha yang telah memasuki gelombang ke 3. Setelah pelatihan tersebut, akan dilanjutkan dengan pelatihan start up kewirausahaan selama 2-3 bulan secara intensif yang bertujuan untuk menyiapkan kelembagaan sumber daya manusia yang berdaya saing.

Baca Juga  Kesadaran Masyarakat Penting Mencegah Gelombang Ketiga Covid-19

“Bank Mestika, Bank Sumut dan Bank BRI yang siap berkolaborasi dengan Pemkab Dairi untuk mendorong pendapatan masyarakat dan peningkatan lapangan kerja,” ungkap Eddy Berutu.

Untuk sektor pertanian, Bupati sampaikan pemerintah bersama dengan pihak swasta sebagai off taker di bidang kopi khususnya kopi arabika, telah melakukan penanaman baru sebanyak satu juta batang. Pada tahun 2022, Eddy Berutu mengatakan bersama pihak swasta akan kembali menyiapkan sebanyak satu juta batang bibit kopi oleh untuk tanaman baru guna mengejar target tanam kopi seluas 5000 hektar yang sudah dicanangkan oleh Pemkab Dairi.

“Selain itu, pemerintah juga bekerjasama dengan Bank Sumut dalam pemberian fasilitas KUR sehingga para petani cukup fokus saja untuk proses pertanian. Program itu disebut dengan KUR Klaster untuk kopi, jagung dan ubi menjadi klaster KUR,” jelas Eddy Berutu.

Baca Juga  Teriak 'Payung dan Goreng' Saat Aliansi Masyarakat dan Mahasiswa Dairi Demo

Untuk mewujudkan keberlanjutan, Pemkab Dairi diutarakan Bupati telah berkomunikasi dengan Pemerintah Pusat untuk program pembangunan Kabupaten Dairi.

Pada tahun 2022-2023, disampaikan Bupati Eddy, Dairi mendapat program multiyears dari Provinsi Sumatera Utara yakni akan dilakukan peningkatan jalan diantaranya Simpang Silalahi- Simpang Tanah Karo total Rp. 28 miliar sepanjang 2,27 km dengan betonisasi, perbaikan jalan provinsi di Dairi sebesar Rp. 60 miliar.

Iklan

Selanjutnya, untuk wujudkan kemandirian sesuai arahan Presiden Jokowi di Bali pada beberapa waktu yang lalu, maka pemkab Dairi sudah berkomitmen anggaran Rp.150 miliar akan dibelanjakan untuk produk produk lokal melalui e-katalog lokal yang bisa di akses oleh seluruh kementerian dan lembaga.

“Musrenbang ini akan menyatukan komitmen kita semua seluruh pemangku kepentingan sehingga penyusunan APBD 2023 bisa terlaksana dengan baik. Anggaran kita sangat terbatas, kolaborasi dengan seluruh pihak terkait sangat diperlukan sehingga peningkatan ekonomi bisa tercapai dengan menentukan skala pembangunan yang super prioritas dengan mengedepankan efektifitas dan efisiensi,” pesan Bupati.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Iklan
Back to top button