Peristiwa

Eddy Berutu: Media Bisa Dipergunakan untuk Mendukung Pelaksanaan Pemilu

Bupati Dairi Dr Eddy Keleng Berutu, menyatakan dukungan dari media sangat diperlukan untuk mendukung dan meningkatkan partisipasi warga dalam pemilihan umum (Pemilu) tahun 2024 mendatang.

Media yang dimaksud tidak hanya dikelola oleh swasta tetapi juga media milik pemerintah.

“Untuk menyebarkan luaskan informasi Pemilu, KPU Dairi boleh menggunakan media yang dikelola oleh swasta atau dikelola oleh pemerintah Dairi sendiri,” kata Eddy Berutu di Kelurahan Bintang Hulu saat launching program desa peduli pemilihan umum, Selasa (24/5/2022).

Eddy Berutu menambahkan untuk Pemkab Dairi sendiri memiliki beberapa media untuk bisa dipergunakan untuk penyampaikan informasi kepada masyarakat.

“Pemerintah Dairi memiliki website dan majalah Info Dairi, Podcast dan radio. KPU Dairi boleh mempergunakan sarana itu tetapi sifatnya untuk menyebarluaskan informasi tentang penyelenggaran pemilu,” kata Eddy Berutu.

Eddy Berutu mengatakan, pesta demokrasi yang dilaksanakan tahun 2024 cukup besar. Pemungutan suara pemilu untuk memilih presiden dan wakil presiden, anggota DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/kota dilaksanakan 2024.

Kemudian untuk pemungutan suara serentak nasional dalam pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, walikota dan wakil walikota juga dilaksanakan Rabu pada tanggal 27 Nopember 2024.

“Tahahapan pemilu tahun 2024 sudah akan dimulai di pertengahan bulan Juni 2022. Hal tersebut sesuai dengan ketentuan pasal 167 ayat 6 Undang-udang Nomor 7 tahun 2017 (UU Pemilu) yang menyebutkan bahwa tahapan penyelenggaraan pemilu dimulai 20 bulan sebelum hari pemungutan suara,” jelas Eddy Berutu.

Untuk itu, Eddy Berutu menyarankan KPU nantinya terus menyebarkan informasi tentang penyelenggaran pemilihan umum.

Acara launching tersebut turut dihadiri Wakil Ketua DPRD Dairi Wanseptember Situmorang, Ketua KPU Sumut Herdensi, komisioner KPU Benget Silitonga, Ketua KPU Dairi Freddy Sinaga, komisioner KPU Dairi, Lurah Bintang Hulu dan masing-masing perwakilan warga dari 4 lokus desa peduli pemilu.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button