Peristiwa

Wartawan Jangan Biasakan Copy Paste Berita

MEDAN, pelitarakyatcom – Ketua Dewan Kerhomatan Provinsi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumatera Utara M Syahrir mengingatkan wartawan untuk tidak membiasakan copy paste atau pekerjaan mengumpulkan, mencari dan menulis berita dengan menggunakan teknik salin menyalin saja.

“Wartawan itu jangan biasakan copy paste berita. Tunjukkan kompetetisi kita sebagai wartatawan dengan mencari berita real dan akurat,” kata M Syahrir dikutip dari pwisumut.or.id, Jumat (29/7/2022) saat menjadi narasumber ujian menjadi anggota Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumut di Le Polonia Hotel dan Convention Jalan Sudirman, Medan, Kamis (28/7/2022).

Menurut M Syahrir tugas wartawan itu menyampaikan pesan atau berita secara teratur. Kemudian berita yang dituliskan benar dan akurat ditemukan di lapangan.

“Buatlah gaya menulis sesuai dengan kode etik jurnalistik sehingga kita bangga menjadi anggota PWI. Jika ada anggota PWI dihalangi menjalankan tugas tugas jurnalistiknya, PWI siap berada di garda terdepan membantu tugas wartawan sekalian,” ujarnya

Sementara Ketua PWI Sumut Farianda Putra Sinik menyampaikan perusahaan pers menjadi salah satu bidang yang terkena pengaruh dan tidak bisa lepas dari perkembangan digitalisasi.

“Kita sekarang dituntut untuk bisa dan sanggup mengikuti perubahan serba digital. Di mana 77 persen iklan saat ini dikuasai oleh media online. Di masa sulit kemarin, kami hanya mencetak koran sesuai dengan kebutuhan. Itu dilakukan untuk mengurangi risiko yang dapat membuat perusahaan ‘terjun bebas’ atau merugi,” tutupnya.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button