Ekonomi

Kerjasama dengan BI, Pemkab Dairi Kembangkan Bawang Merah

PELITARAKYAT.COM, Pemerintah Kabupaten Dairi mendapatkan kepercayaan dari Bank Indonesia (BI) untuk mengembangkan budidaya bawang merah di Kecamatan Silahisabungan.

Bupati Dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu atau Ekab mengatakan budidaya bawang merah dikembangkan untuk mengatasi ancaman krisis pangan.

Menurutnya Pemkab Dairi sudah melakukan penandatanganan perjanjian kerjasama dengan Kepala Perwakilan Bank Indonesia baru-baru ini di Medan.

Baca Juga  Pemkab Dairi Kembangkan Kawasan Pertanian Terpadu Holtikultura

“Penandatanganan ini disaksikan Gubenur Sumut bapak Edy Rahmayadi dan Deputi Gubernur Bank Indonesia bapak Juda Agung untuk pengembangan klaster bawang merah di Kabupaten Dairi,” kata Bupati Eddy Berutu, Senin (19/9/2022) saat membuka acara aktualisasi nilai-nilai Pancasila di Sidikalang.

Iklan

Dia mengatakan, skemanya dengan pemberdayaan dan pengembangan UMKM khususnya kelompok tani (Poktan) Mutiara di Desa Paropo, Kecamatan Silahisabungan.

Baca Juga  Pemkab Dairi Bersama Polres Dairi Meninjau Pasar Sidikalang, Menjelang Nataru, Pengecekan Ketersediaan Sembako

“Dalam perjanjian itu, selama dalam pengembangan Poktan dilakukan pertukaran data, Informasi, serta bimbingan pelatihan teknis, kelembagaan, dan keuangan,” jelas Bupati.

Eddy Berutu optimis bawang merah akan berkembang baik di Silahisabungan. “Ini adalah bentuk kepercayaan dari Bank Indonesia untuk pemerintah Dairi,” ujarnya.

(pan)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Iklan
Back to top button