Uncategorized

Kecamatan Lae Parira Ditargetkan 100 Persen Iva Test

PELITARAKYAT.com, Lae Parira – Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Dairi Ny Romy Mariani Eddy Berutu menghadiri pembinaan PKK di Desa Kentara, Kecamatan Lae Parira sebagai desa binaan iva test. Pembinaan dilakukan di Puskesmas Kentara yang turut dihadiri oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Bahagia Ginting, Selasa (18/10/2022).

Dalam kegiatan tersebut, Romy Mariani mengatakan PKK merupakan organisasi nasional yang memiliki 10 program, untuk membantu program pemerintah dalam mewujudkan keluarga yang sejahtera. Salah satu programnya dibidang kesehatan adalah Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) test.

Untuk Kecamatan Lae Parira, Iva test telah diadakan di Desa Kabanjulu yang juga menjadi salah satu desa binaan PKK. Guna memenuhi capaian target yang telah ditentukan, Kabanjulu telah membentuk kelompok suami sayang isteri.

“Namun dalam pelaksanaannya, tidak melibatkan pojka IV PKK,” ujar Romy dalam sambutannya.

Iklan

Selain itu, dalam PKK juga terdapat program dasawisma yang dapat membantu percepatan pelaksanaan iva test. Oleh karena itu, peran dari Kepala Desa dalam hal ini diutarakan Romy Mariani sangat diperlukan, salah satunya dengan pembentukan kelompok suami sayang isteri.

Baca Juga  Mengenal Kopi Kapsul Sidikalang, Yang Akan Dilaunching di Ajang F1H20 Lake Toba

“Masalah kultur budaya menjadi salah satu hambatan dalam menjalankan iva test, ini adalah untuk kesehatan, jadi harus kita rubah persepsi masyarakat akan hal itu. Sampaikan kepada masyarakat dampak dari jika masyarakat tidak ikut iva test, berikan juga testimoni dari masyarakat yang sudah ikut iva test agar masyarakat memahami bagaimana pentingnya iva test. Dalam minggu ini, saya harapkan seluruh desa yang masih rendah capaian iva testnya agar segera bekerja, kami dari PKK kabupaten akan siap membantu,” ucap Romy Mariani diakhir sambutannya.

Baca Juga  Terima Pelayanan Disdukcapil yang Sigap, Sandro Simamora Puji Kinerja Pemkab Dairi

Selanjutnya, Bahagia Ginting dalam pertemuan tersebut mengatakan bulan ini akan ada penilaian akhir dari tim PKK, diharapkan kepada para Kepala Desa agar cakupan iva test dapat tercapai sesuai yang telah ditargetkan. Kepala Desa harus berkoordinasi dengan petugas kesehatan dibantu dengan perangkat untuk mengajak masyarakat ikut dalam program iva test.

“Dari 5 desa binaan PKK Dairi, peluang yang sangat memungkinkan untuk juara menjadi yang terbaik adalah desa binaan iva test karena indikatornya jelas dan terukur. Jika iva test sudah 100%, maka akan turut membantu program pemerintah dalam mewujudkan Dairi unggul. Kita harapkan Kecamatan Lae Parira akan 100% iva test,” kata Bahagia Ginting.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Camat Lae Parira Lamhot Silalahi, Kepala Puskesmas Kentara serta para Kepala Desa se-Kecamatan Lae Parira. (*)

 

Iklan

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Iklan
Back to top button