Uncategorized

Pemkab Dairi Raih Penghargaan dari Komisi Informasi, Bupati Eddy Berutu: Ini Bonus, Pada Intinya Tugas Kita adalah Melayani Publik

MEDAN, pelitarakyat.com- Pemerintah Kabupaten Dairi mendapatkan penghargaan dari Komisi Informasi Provinsi Sumatera Utara dalam ajang anugerah keterbukaan informasi publik tahun 2022 di Kantor Gubernur Sumut, Selasa (20/12/2022).

Adapun penghargaan yang diberikan komisi informasi Provinsi Sumatera Utara itu kepada Pemerintah Kabupaten Dairi sebagai badan pelayan publik ‘informatif’ kategori Kabupaten/kota.

Penghargaan ini diterima langsung Bupati Eddy Berutu dari Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi bersama Ketua Komisi Informasi Provinsi Sumatera Utara Dr Abd Haris disaksikan Komisi Informasi Pusat, Samrotunnajah Ismail.

“Puji Tuhan, hari ini Pemerintah Kabupaten Dairi mendapat penghargaan dari Komisi Informasi Provinsi Sumatera Utara di Kantor Gubernur Sumut. Penghargaan ini saya terima langsung dari Gubernur Sumut bapak Edy Rahmayadi didampingi Ketua KI Provinsi Sumatera Utara bapak Dr Abd Haris atas penganugrahan ‘Keterbukaan Informasi Badan Publik 2022 kategori Kabupaten/kota’ Kabupaten Dairi sebagai Badan Publik ‘Informatif’,” kata Bupati Eddy Berutu di Medan, usai menerima penghargaan.

Iklan

Diakui Bupati Eddy Berutu torehan penghargaan ini merupakan kerjasama semua jajaran di Pemerintah Kabupaten Dairi.

“Saya juga memberikan apresiasi untuk seluruh jajaran yang telah bekerja dengan baik sehingga kita dapat penghargaan dan berharap ini dipertahankan,” jelasnya.

Baca Juga  Bupati Eddy Berutu Pimpin Rapat dengan Forkopimda Bahas Kesiapan Aquabike di Silalahi

Bupati mengatakan akan meningkatkan ukuran yang selama ini dipakai untuk mendapatkan bintang. Misalnya kita akan melakukan pertemuan dialog publik secara rutin.

“Saya ada, BPS ada, lalu kita kumpul, dengan begitu informasi akan lebih banyak kepada masyarakat yaitu terkait hal-hal yang kita lakukan. Intinya yang kita lakukan ini merupakan sebuah kewajiban, jadi anugrah ini bonus karena pekerjaan itu tugas kita sebagai pejabat publik. Ini adalah bukti pelaksanaan tugas kita. Meski demikian keterbukaan publik ini harus kita pacu terus sehingga publik nyaman, interaksi pemerintah dengan publik dekat. Dengan begitu apa masalah di masyarakat, pemerintah bisa mengambil kebijakan dengan cepat,” ujarnya.

Gubernur Edy Rahmayadi dalam sambutannya menyampaikan Anugerah KIP ini diharapkan bisa mendorong keterbukaan informasi badan publik yang ada di Sumut dan menjadi bahan evaluasi masing-masing instansi tentang keterbukaan informasi masing-masing.

“Ingin membangun sebuah bangsa harus sama-sama punya niat positif. Perlu diingat, bahwa keterbukaan informasi juga memiliki batasan mana yang harus kita tutup dan mana yang harus kita buka. Semua itu, sudah kita tau bersama, tinggal bagaimana kita menilai apa yang harus kita lakukan,” kata Edy Rahmayadi.

Iklan

Gubsu menjelaskan, keterbukaan informasi muncul tentu ada sebabnya. Disebut, keterbukaan informasi publik bisa diartikan bahwa selama ini kita tidak terbuka atau terpasang. Namun, dengan keterbukaan informasi publik ini muncul pertanyaan baru siapkah masyarakat menerima kejujuran atas apa yang dilakukan pemerintah.

Baca Juga  Bupati Eddy Berutu Hadiri FGD dengan BPS, Memastikan Data Sudah Benar, Wajar, dan Konsisten

“Pada dasarnya pembangunan, pengelolaan keuangan di berbagai bidang memang memerlukan keterbukaan. Memang keterbukaan informasi wajib untuk badan publik, hak masyarakat juga mendapat informasi tersebut, namun keterbukaan juga punya keterbatasan. Mudah-mudahan dengan kembali digelarnya Anugerah KIP keterbukaan informasi kita semakin baik,” ujarnya.

Sementara itu, Kadis Kominfo, Aryanto Tinambunan menyampaikan terima kasih kepada satuan kerja yang telah berupaya dan mematuhi aturan yang ada dan terus mendorong PPID Pelaksana bekerja dengan baik. “Apresiasi dari Komisi Informasi Prov Sumut ini merupakan kerja bareng dari OPD termasuk kecamatan. Terima kasih untuk semuanya,” tutur Aryanto.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Iklan
Back to top button