Uncategorized

Sandiaga Uno di Acara Rakornas Perpusnas: Dairi Terkenal dengan Kopi, Ulos Silalahi, dan Story Telling Kampung Ulos Silalahi

JAKARTA, pelitarakyat.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengapresiasi 2 produk unggulan Kabupaten Dairi di acara Rakornas bidang Perpustakaan Nasional Tahun 2023 di Pullman Hotel Jakarta, Senin (6/3/2023).

Sandiaga mengatakan, kopi Sidikalang enak dan tenun Silahisabungan sangat terkenal.
“Kabupaten Dairi sangat terkenal dengan kopi dan ulosnya,” kata Sandiaga Uno saat menyapa peserta Rakornas melalui daring.

Tak hanya soal kopi Sidikalang, di depan peserta Rakornas, Sandiaga menjelaskan soal story telling kapung ulos di Kabupaten Dairi.

Baca Juga  Ikut Forum Dunia, Bupati Dairi Eddy Berutu Memiliki Tekat Kuat Dalam Memajukan Daerahnya

“Itu kita mendengar para wisatawan mendapatkan informasi berdasarkan cerita dari awal sampai akhir”.
“Saya juga mendengar cerita tentang sebuah sumber air, di mana raja dahulu berhenti dan mendapatkan air, lalu di minum dan menjadi penguat untuk terus melakukan perjalan,” katanya.

Iklan

Menurut Sandiaga, cerita seperti inilah harusnya kita dokumentasikan, kita bukukan, terbitkan dan perpustakaan bisa menyampaikan story telling dari cerita-cerita daerah yang sangat menarik di situ khususnya untuk kunjungan wisatawan.

Baca Juga  Kunker di Kecamatan Sumbul, Bupati Eddy Berutu Cek Langsung Pelayanan Aminduk di Kantor Desa

“Cerita-cerita ini harus kita gali dan terbitkan. Semangat terus untuk pengembangan literasi masyarakat,” ujarnya.
Sebagaimana diketahui Sandiaga Uno menjadi narasumber dalam acara Rakornas Bidang Perpustakaan Nasional tahun 2023. Selain Sandiaga, Bupati Dairi Eddy Berutu menjadi narasumber. Bupati Dairi membawakan materi ‘Implementasi Pembangunan urusan perpustakaan di Kabupaten Dairi’.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Iklan
Back to top button