Uncategorized

Besok Bupati Dairi Dan Wali Kota Medan Teken Kerja Sama Antar Daerah Di PLUT Sidikalang

SIDIKALANG, pelitarakyat.com – Pemerintah Kabupaten Dairi akan menandatangani Kerjasama Antar Daerah (KAD) dengan Pemerintah Kota Medan.

KAD tersebut dilakukan sebagai upaya pengendalian inflasi daerah. Penandatanganan akan dilakukan langsung oleh Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu dan Wali Kota Medan M. Bobby Afif Nasution di Gedung Pusat Usaha Layanan Terpadu (PLUT) Koperasi dan UMKM, Sidikalang, Senin, 6 Februari 2023.

Setelah itu akan diikuti penandatanganan kerja sama PUD Pasar Medan dengan Koperasi Aur Dairi Botanikal Kabupaten Dairi.

Menurut Bupati Dairi penandatangananperjanjian kerjasama antar daerah ini merupakan tindaklanjut pertemuan antara Bupati Dairi dan Wali Kota Medan di Balai Kota Medan pada Selasa (18/10/2022) lalu.
Dalam pertemuan tersebut, Bupati Dairi sudah memaparkan kesiapan Pemkab Dairi untuk pemenuhan kebutuhan pangan Kota Medan.

Iklan

Dr. Eddy Keleng Ate Berutu menjelaskan, dalam pertemuan itu, mengaku bangga diberi kepercayaan Pemko Medan untuk mengendalikan inflasi sesuai arahan Presiden RI.

Baca Juga  Bupati Dairi: Saatnya Teknologi Pertanian Berkelanjutan

Menurut Dr. Eddy Kelleng Ate Berutu, Pemkab Dairi sudah menyiapkan lahan untuk memproduksi holtikultura di Kecamatan Parbuluan. Kata dia, lahan itu tidak hanya ditanami cabai saja tapi juga bawang merah, kubis dan kentang.

“Lahannya sangat strategis, dekat dari Bandara. Di sana sumber air sangat mendukung. Kita juga sudah mempersiapkan rencana produksi sampai tahun 2025. Lahan itu juga sudah ditanami para petani dan petani wajib menjadi anggota koperasi,” paparnya.

Seusai penandatanganan kerja sama, Bupati Dairi dan Wali Kota Medan akan langsung meninjau lahan di Kecamatan Parbuluan.

Sebelumnya, Wali Kota Medan M. Bobby Afif Nasution menyampaikan apresiasi kepada Bupati Dairi terhadap kerja sama KAD ini.

Baca Juga  PPS Sidikalang Lakukan Coklit Kepada Bupati Dairi Eddy Berutu

“Kerjasama pertanian akan kami lakukan dengan Kabupaten Dairi untuk memenuhi kebutuhan pangan sekaligus menstabilkan harga pangan di Kota Medan. Lahan sekitar 300 hektar yang ada di Kabupaten Dairi nantinya akan ditanami benih tanaman pangan seperti cabai, oleh para petani Dairi dan Pemko Medan akan menjadi ayah asuhnya,” kata M. Bobby Afif Nasution.

Iklan

Menurut M. Bobby Afif Nasution, kolaborasi dengan Kabupaten Dairi pada sektor pertanian ini diharapkan dapat mendukung masyarakat Kota Medan memiliki bahan pangan dengan harga terjangkau, serta petani di Dairi juga merasakan peningkatan kesejahteraan.

“Kita menunjuk PUD Pasar Kota Medan yang akan melakukan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan koperasi pertanian di Dairi,” kata M. Bobby Afif Nasution.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Iklan
Back to top button