Ekonomi

Bupati Eddy Berutu Tandatangani Komitmen untuk Pengembangan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Danau Toba

Rakor Dipimpin Menko Luhut

JAWA TENGAH, pelitarakyat.com – Pemerintah Kabupaten Dairi berkomitmen untuk mendukung pengembangan destinasi pariwisata super prioritas Danau Toba.

Komitmen tersebut dituangkan dalam penandatanganan bersama antara Pemkab Dairi, Pemprov Sumut, Kabupaten Samosir, Kabupaten Karo, dan PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) pada acara Rakornas Percepatan Pengembangan 5 DPSP Semester 1 Tahun 2023 di Plataran, Borobudur, Jawa Tengah, Jumat 21 Juli 2023.

“Di depan 4 menteri sekaligus, kami Pemkab Dairi sudah berkomitmen dalam pengembangan dan kemajuan pariwisata dan ekonomi kreatif di Danau Toba. Secara khusus untuk Pemkab Dairi berada di Kecamatan Silahisabungan,”kata Eddy Berutu.

Dalam kesepakatan tersebut, Eddy Berutu menjelaskan maksud tujuannya sebagai landasan dan pedoman bagi para piha untuk meningkatkan potensi destinasi pariwisata Super PRioritas Danau Toba.

Iklan

“Tujuan kesepatan itu adalah untuk mewujudkan dan mengembangan potensi destinasi pariwisata super prioritas Danau Toba,”katanya.

Baca Juga  Menteri BUMN Erick Thohir Bertemu Dengan Mak Iyah, Pengrajin Payung Geulis khas Tasikmalaya

Menko Luhut mengatakan bahwa dalam Rakornas ini banyak hal yang dibahas dan terdapat kemajuan yang signifikan. Karena itu perlu dukungan dari kementerian lembaga (K/L) dan instansi terkait untuk mendorong kemajuan 5 DPSP.

Tidak hanya itu, Menko Luhut juga mengungkapkan semua DPSP yang saat ini dilakukan pengembangan untuk kemajuan pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia dalam proses pembangunannya harus memperhatikan semua aspek, termasuk keindahannya. Ia mencontohkan kabel untuk kepentingan jaringan internet atau jaringan telekomunikasi harus ditanaman di bawah tanah sehingga lebih rapi.

Baca Juga  Kemenparekraf Sandiaga Salahuddin Uno Kunjungi IKM Rendang Di Payakumbuh

“Selain menjadi rapih, kita harus perhatikan juga terkait infrastruktur-infrastruktur (yang dibangun) di tourist destination, di mana harus dengan kearifan lokal. Saya ulangi harus kearifan lokal,” tegasnya.

Sebagai informasi, Rakornas ini diselenggarakan Kemenko Marves bekerja sama dengan Badan Otorita Borobudur (BOB). Kegiatan ini dihadiri oleh sejumlah menteri yakni Menparekraf Sandiaga Uno, Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto, Menteri PAN-RB Azwar Anas, Menag Yaqut Cholil Qoumas (Gus Yaqut), serta Wamen Kesehatan Dante Saksono. Selain para menteri, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo juga turut hadir dalam kegiatan tersebut.

Iklan

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Iklan
Back to top button