Uncategorized

Ketua PKK Romy Mariani Ikut Kampanyekan ‘I Love Monday’ Wujud Gerakan Aksi Gizi Di Sekolah

DAIRI, pelitarakyat.com – Ketua Tim Penggerak PKK (TP. PKK) Kabupaten Dairi Romy Mariani Simarmata- Ny.Eddy Berutu turut serta mengampanyekan I Love Monday sebagai wujud gerakan aksi bergizi di sekolah. Kampanye I Love Monday dilaksanakan di lapangan upacara SMP Negeri 1 Sidikalang, Senin (16/10/2023).

Romy Mariani menyampaikan sasaran kegiatan I Love Monday adalah seluruh remaja putri sekolah dan warga sekolah dengan tujuan meningkatkan literasi warga sekolah tentang pentingnya tablet tambah darah (TTD), olahraga fisik, dan konsumsi gizi seimbang serta meningkatkan komitmen sekolah untuk melaksanakan aksi bergizi secara rutin (setiap minggu).

“Konsumsi TTD secara teratur, satu tablet setiap minggu, bermanfaat untuk mencegah dan menanggulangi anemia. Cara mengonsumsi TTD adalah makan gizi seimbang sebelum minum TTD, konsumsi buah-buahan dan sayur sumber vitamin C seperti jeruk, pepaya, konsumsi TTD dengan air putih. Jangan minum TTD dengan teh, kopi, atau susu karena dapat menghambat penyerapan zat besi,” ujar Romy menjelaskan.

Baca Juga  Apa Kata Mereka tentang Program Unggulan Eddy Berutu, KPT Parbuluan?

Disampaikan Romy Mariani, remaja putri rentan mengalami anemia karena mengalami menstruasi sehingga kehilangan banyak darah, sedang tumbuh pesat sehingga perlu zat gizi lebih banyak, kurang asupan kaya zat besi dan protein dalam makanan sehari-hari, serta sering melakukan diet keliru untuk menurunkan berat badan.

Iklan

“Jangan khawatir apabila terasa perih di ulu hati, mual, serta tinja berwarna kehitaman. Kondisi ini akan berkurang karena tubuh sudah menyesuaikan. Untuk mengurangi gejalanya, jangan minum TTD dengan perut kosong dan selalu konsumsi gizi seimbang,” ucapnya.

Sebelum menutup sambutannya, Romy Mariani membuka sesi tanya jawab yang mendapat antusias dan respons positif dari seluruh warga SMP Negeri 1 Sidikalang.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Dairi dr. Henry Manik menjelaskan kegiatan I Love Monday merupakan bentuk komitmen Pemerintah Kabupaten Dairi dalam meningkatkan derajat kesehatan remaja, khususnya remaja putri, yang dalam jangka panjang juga bermanfaat untuk mengurangi angka stunting.

Baca Juga  Pemkab Dairi Gerak Cepat Tangani Banjir Bandang Desa Pamah

“Konsumsi TTP bermanfaat untuk mencegah anemia, khususnya remaja putri yang sudah mengalami menstruasi, sehingga mereka dapat tumbuh dengan lebih sehat. Saat sudah dewasa, kondisi ibu yang sehat dan baik akan menurunkan risiko anak terlahir stunting,” katanya.

Henry Manik juga menjelaskan, kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk melahirkan generasi yang cerdas, unggul, dan sehat untuk mencapai Indonesia Emas 2045, dan telah ditetapkan melalui Instruksi Bupati Nomor : 100.3.4.2/3918/Dinkes/V/2023 tentang pelaksanaan pemberian Tablet Tambah Darah pada remaja putri siswa SMP/MTs dan SMA/MA/SMK di Kabupaten Dairi.

Iklan

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Iklan
Back to top button