Uncategorized

Semangat Wujudkan Agri Unggul, Bupati Eddy Berutu Terapkan Mekanisme Fertigasi di KPT Parbuluan

DAIRI, pelitarakyat.com- Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu melakukan tanam bersama di Demplot Fertigasi Kawasan Pertanian Terpadu (KPT) Parbuluan didampingi Dirjen Hortikultura Kementerian Pertanian yang dipimpin Muktar Sibarani, Kabid Hortikultura Dinas Pertanian Pemprovsu Lambok Turnip, Kus Haryanto dari Balai Besar Perbenihan dan Proteksi Tanaman Perkebunan (BBPPTP) Medan, Azis Herdiyanto dari Polbangtan Medan, Kepala Dinas Pertanian Kpp Dairi Robot Simanullang, Camat Parbuluan Saut M Sinaga, Ketua PKK Dairi Romy Mariani Simarmata- Ny.Eddy Berutu, Kepala Desa se-Kecamatan Parbuluan, dan petani Desa Parbuluan V, Kamis (19/10/2023).

“Kita sudah mulai menerapkan mekanisme fertigasi pada demplot seluas satu hektar di KPT Parbuluan yang dikelola Kelembagaan Ekonomi Petani (KEP). Komoditi yang dikembangkan yaitu cabai merah, kubis, kentang dan bawang merah dengan luasan masing-masing 0,25 ha,” tuturnya.

Baca Juga  1630 Siswa dari Kabupaten Dairi, Karo dan Pakpak Bharat Ikuti SMANSASI Expo 2024

Disampaikan Eddy Berutu, teknologi yang digunakan untuk mendukung budidaya empat komoditi tersebut dengan menggunakan sistem fertigasi netafim, yaitu teknologi dengan proses pemberian air dan pupuk langsung ke perakaran tanaman dengan terukur dan tepat waktu sesuai yang dibutuhkan tanaman.

Dengan menerapkan mekanisasi pertanian fertigasi, ucap Eddy Berutu, dapat memberikan keuntungan bagi masyarakat diantaranya memberikan tanaman unsur hara yang lebih efisien, dapat menghemat tenaga kerja pemupukan karena mudah dalam pelaksanaannya, pemberian pupuk dapat sejalan dengan pertumbuhan fisiologis tanaman sehingga perkembangan akar menjadi lebih cepat dan ekstensif, serta tidak merusak biji dan akar tanaman yang ditanam.

Iklan

“Dengan teknologi ini dapat memudahkan petani sehingga kegiatan bertanam berjalan lebih efisien. Dengan adanya teknologi tersebut juga dapat menarik perhatian anak muda untuk mau terjun ke dunia pertanian,” ucap Eddy Berutu.

Baca Juga  Bukan Tuan Rumah F1H20, Kenapa Dairi Ditunjuk Menyelenggarakan Gala Dinner Untuk Seluruh Pembalap?

Lebih lanjut, Eddy Berutu menyampaikan semua program yang dilakukan pemkab Dairi merupakan langkah-langkah untuk meningkatkan kesejahteraan petani dan perekonomian Kabupaten Dairi.

Usai melakukan tanam bersama, Eddy Berutu juga memberikan bantuan alsintan kepada petani berupa satu unit tractor roda empat, 40 unit hand spray elektrik, dua unit cultivator, 2.440 kg bibit kentang, 2.440 kg bibit bawang, pembangunan unit pengelola pupuk organic (UPPO) senilai Rp.200.000.000, dan 10 ekor ternak sapi.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Iklan
Back to top button