Uncategorized

Banjir dan Longsor Melanda Desa Silalahi I, Bupati Eddy Berutu Imbau Warga Selalu Waspada

DAIRI, PELITARAKYAT.COM- Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu mengimbau masyarakat, khususnya Desa Silalahi I agar selalu waspada dan siaga terhadap bencana alam khususnya daerah rawan banjir dan longsor.

Hal ini disampaikan Eddy Berutu di ruang kerjanya, Kamis (25/1/2024), seusai memperoleh laporan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Dairi.

“Kita selalu imbau masyarakat untuk selalu waspada, mengingat akhir-akhir ini curah hujan sangat tinggi. Tidak lupa, Pemerintah Kabupaten Dairi juga selalu standby (bersiap), apabila terjadi bencana, sehingga dapat gerak cepat untuk melayani masyarakat,” ucapnya.

Disampaikan Eddy Berutu, bencana banjir terjadi di Desa Silalahi I, Kecamatan Silahisabungan, Rabu (24/1/2024).

Iklan

Diketahui, banjir diakibatkan curah hujan yang tinggi sekitar pukul 5 sore pada perbukitan Silalahi yang mengakibatkan terjadinya banjir Sungai Aek Sibolak Huta (perbatasan Desa Silalahi I dan Desa Silalahi III) pada pukul 8.30. Akibatnya, 10 rumah masyarakat terendam dengan ketinggian 30-50 cm.

Baca Juga  Alfriyansah Ujung, ST Ketua DPD KNPI Dairi Silaturahmi Bersama OKP Dan Buka Puasa Bersama

“Pada saat yang sama, juga terjadi longsor di jalan Lae Pondom – Silalahi, sehingga material longsoran menutupi jalan. Serta juga terjadi tanah longsor yang menutupi Jalan Merek-Sidikalang yang mengakibatkan arus lalu lintas Sidikalang-Medan menjadi macet,” jelasnya.

Lebih lanjut, Eddy Berutu juga menyampaikan Pemerintah Kabupaten melalui BPBD telah melakukan survey dan pertolongan darurat dan melakukan komunikasi dengan PUTR Kabupaten Dairi untuk membantu membersihkan material longsoran yang masih menutupi jalan ke Silalahi, mengingat material bebatuan yang besar.

Baca Juga  Bupati Eddy Berutu: Keberagaman Mempererat Persaudaraan

“Kita juga sudah membuka arus lalu lintas pada ruas jalan Silalahi – Lae Pondom pohon yang tumbang telah dipotong dan disingkirkan. Kita juga melakukan komunikasi dengan pihak kepolisian setempat,” ucapnya.

Kondisi terkini, kata Eddy Berutu, masyarakat sudah mulai tenang dan membenahi rumah masing-masing.

“BPBD juga akan melakukan survey akhir dampak banjir. Kita instruksikan BPBD dan PUTR persipan penanganan tanah longsor,” ucapnya.

Iklan

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Iklan
Back to top button