Uncategorized

Gerak Cepat Pemkab Dairi Atasi Banjir di Desa Lau Bagot

DAIRI, PELITARAKYAT.COM – Gerak cepat dilakukan Pemerintah Kabupaten Dairi untuk mengatasi bencana banjir di aliran sungai Lau Bilulus, Dusun Lingga Julu, Desa Lau Bagot, Kecamatan Tingga Lingga, pada Sabtu 24 Februari 2024.

“Sesuai instruksi yang diberikan Bupati Dairi Eddy Berutu, kami telah melakukan koordinasi penanganan konstruksi pengaman sungai yang telah hanyut kepada provinsi, mengingat penanganan sungai merupakan wewenang provinsi,” ucap Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Hotmaida Butar – butar, Selasa (27/2/2024).

Disampaian Hotmaida, untuk menaikkan permukaan air sungai agar bisa masuk kesaluran untuk mengairi persawahan membutuhkan pembangunan bendung sederhana dari konstruksi brojong serta pembangunan ulang saluran irigasi yang telah hanyut sepanjang 100 meter.

Baca Juga  Bunda PAUD Sumatera Utara Nawal Edy Rahmayadi melepas 91 orang siswa TK Bersama Bunda Paud Dairi

“Untuk membangun ini diperlukan alat berat tipe track (roda santai). Mengingat sumber daya BPBD tidak mendukung, maka hal ini akan kami koordinasikan dengan Dinas PUTR Kabupaten Dairi,” ucapnya.

Iklan

Lebih lanjut, Hotmaida menyampaikan banjir di Dusun Lingga Julu terjadi akibat hujan deras di hulu sungai maupun di sekitar Kecamatan Tigalingga mengakibatkan terjadinya banjir Sungai Lau Bilulus. Hal ini berakibat pada rusaknya brojong pengaman pinggir sungai sepanjang 2 x 100 meter, menghanyutkan bendung irigasi dan konstruksi intake, kerusakan saluran irigasi sepanjang 100 meter, serta kerusakan areal persawahan seluas 1 hektar.

Baca Juga  Pemkab Dairi Gerak Cepat Perbaiki Jalan Rusak di Juma Teguh-Tualang Siempat Nempu

“Akibat hanyutnya bendung dan saluran irigasi tersebut, membuat distribusi air ke persawahan terputus total. Saat ini masyarakat tidak bisa mengolah persawahannya seluas 20 ha. Putusnya aliran air dan elevasi permukaan air sungai dengan dasar saluran irigasi saat ini telah jauh di bawah, sehingga tidak memungkinkan dilakukan gotong royong secara swadaya dan swadana,” katanya.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Iklan
Back to top button