Peristiwa

Jelang Idulfitri 1445 H Harga Kebutuhan Pokok Stabil dan Aman

MEDAN, pelitarakyat.com – Satuan Tugas (Satgas) Pangan Sumatera Utara (Sumut) melakukan monitoring sejumlah harga kebutuhan pokok di Pasar Petisah, Jalan Kota Baru 3, Kelurahan Petisah Tengah, Kecamatan Medan Petisah, Selasa (2/4/2024).

Hal ini dilakukan dalam rangka mengecek dan memastikan stabilitas harga dan ketersediaan barang kebutuhan pokok di Sumut.

Berdasar pantauan, sejumlah harga kebutuhan pokok masih stabil, stok kebutuhan pokok hingga menjelang Idulfitri 1445 H juga aman.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Energi, dan Sumber Daya Mineral Sumut Mulyadi Simatupang mengatakan, pantauan ke pasar menjelang Idulfirti ini, untuk memastikan ketersediaan pasokan bahan pangan seperti beras, minyak goreng, bawang merah, daging ayam, daging sapi, bawang merah, dan kebutuhan pokok lainnya.

Iklan

“Dari beberapa komoditi tadi, para pedagang menyampaikan stok kebutuhan pokok cukup. Sejumlah harga kebutuhan pokok pun normal, belum ada kenaikan. Hanya harga bawang merah yang naik, disebabkan distribusi dari daerah lain tidak masuk. Hal ini disebabkan banjir dan lainnya. Kita imbau kepada masyarakat tidak usah khawatir dan tergesa-gesa. Isu-isu ketersediaan pasokan kebutuhan pokok kurang itu tidak benar,” katanya.

Baca Juga  Peletakan Batu Pertama Gereja GBKP Kuta Buluh, Eddy Berutu Ajak Jemaat Bangun Kualitas Kehidupan

Harga juga relatif stabil, seperti harga beras SPHP 5 kg seharga Rp57.000, cabai merah Rp42.000 per kg, daging ayam Rp32.000 per kg, daging sapi Rp130.000 per kg. Untuk itu, ia mengimbau kepada para pedagang agar tidak menaikkan harga terlalu tinggi.

Setelah ini, pihaknya akan melakukan sidak ke hulu, seperti ke penggilingan padi dan distributor minyak goreng. Pihaknya ingin mengetahui sumber kenaikan harga kebutuhan pokok dari sektor lainnya.

Baca Juga  Komitmen Kuat Bupati Eddy Berutu Antisipasi Ancaman Krisis Pangan

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Iklan
Back to top button