Daerah

Bupati Dairi Eddy Berutu: Kepala Desa Harus Transparan

Sidikalang, Pelitarakyat| Bupati Dairi Dr Eddy Keleng Berutu melantik 33 kepala desa terpilih periode 2019- 2023. Pelantikan tersebut digelar di gedung Balai Budaya Pemkab Dairi, Rabu (18/12/2019).

Turut hadir dalam pelantikan kepala desa tersebut Wakil Bupati Jimmy Andrea Lukita Sihombing, SH, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Dairi, Ketua DWP Kabupaten Dairi, Camat se- Kabupaten Dairi, pimpinan OPD, Kepala Badan Pengembangan Masyarakat dan Desa Hutur Siregar dan unsur Forkopimda Kabupaten Dairi, serta 33 Kepala Desa yang akan dilantik.

Bupati Dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu mengucapkan selamat kepada seluruh kepala desa yang telah dilantik. Seperti yang diketahui pada tanggal 12 November 2019 telah dilaksanakan pemilihan kepala desa secara serentak di 33 desa. Pelaksanaan kepala desa tersebut dapat berjalan dengan lancar, demokratis, aman dan kondusif.

“Ada pun dinamika yang terjadi selama pemilihan kepala desa, namun masih wajar di dalam kehidupan demokrasi. Saya percaya P2KD telah berupaya untuk melaksanakan Pilkades ini dengan maksimal meskipun dengan hambatan dan keterbatasan yang ada, “ ujarnya.

Iklan

Ia mengatakan, berbagai kekurangan dan kesalahan pada saat Pilkades kemarin, perlu untuk diperhatikan. Eddy juga berharap masa yang akan datang, harus diperbaiki. Sebab kata dia, kegiatan pilkades tahun 2021, lebih banyak lagi yaitu 106 desa akan menyelenggarakan Pilkades.

Baca Juga  Sekcam Berampu Meninggal, Bupati DR. Eddy Berutu Melayat Kerumah Duka Bersama Pengurus DPD Golkar Dairi

“Sesuai dengan ketentuan PP No. 43 Tahun 2014, diamanatkan bahwa RPJMD Desa dalam jangka waktu selama 3 bulan harus segera ditetapkan terhitung sejak pelantikan kepala desa,” ucapnya.

Dikatakannya, periode waktu RPJMD Desa tersebut selama 6 tahun. Sejalan dengan hal tersebut, maka perwujudan apa yang menjadi visi dan misi kepala desa pada masa jabatannya harus berjalan selaras dengan perwujudan visi misi Kabupaten dairi.

“Visi Pemkab Dairi tahun 2019-2024, adalah mewujudkan Dairi Unggul yang mensejahterakan masyarakat dalm harmoni keberagaman. Itulah visi yang perlu dibawa pada masa kepemimpinan kita, masa bhakti kita yaitu agri unggul mengenai produksi dan produktivitas komoditi pertanian yang ada di Kabupaten dairi harus dapat dipacu, “ tegasnya.

Selanjutnya, terkait dengan Dairi cerdas, SDM Unggul mulai dari tingkat pendidikan PAUD, TK sampai pada masa angkatan kerja harus lebih unggul. Mengenai Dairi kreasi, pariwisata Kabupaten Dairi, kearifan lokal, sektor kreatif, kaum pemuda yang begitu aktif dan progresif harus dibina dan dilatih.

Baca Juga  Serahkan Bantuan Ayah Novia Situmeang Tutup Usia, Bupati Dairi Sampaikan Belasungkawa

“Dairi gerak cepat, baik di bidang kesehatan, bencana, dan masyarakat kita yang mengalami gangguan pada kesehatan, pemerintah harus segera bertindak untuk membantu mereka agar segera terhindar dari kesulitan, “ katanya.

Iklan

Kepada kepala desa, Eddy menegaskan agar transparansi tetap dijaga. “Apaupun yang sedang dilaksanakan oleh pemerintah harus bersifat transparan terhadap masyarakat yang telah memilih para kepala desa,” tegasnya.

Bupati Dairi Dr Eddy Keleng Ate berutu juga mengatakan pada saat pertemuan yang dilaksanakan oleh Presiden republik Indonesia bersama para kepala daerah, Seluruh Kepala daerah mendapatkan arahan terkait dengan RPJMN tahun 2019- 2024 dalam Musrenbang Nasional.

“Presiden RI menegaskan agar RPJMN, RPJMD, hingga RPJM desa, harus selaras agar tujuan pembangunan Nasional dapat terwujud dengan efektif dan efisien,” tukasnya.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Iklan
Back to top button