Bupati Dairi: Gedung Djauli Manik Ditata jadi Tempat Pameran, Aktivitas Budaya dan Pusat Kuliner

Sidikalang, Pelitarakyat| Pemerintah Kabupaten Dairi melakukan pembenahan kawasan Gedung Nasional Djauli Manik. Rencananya di gedung nasional akan dijadikan sebagai tempat memamerkan benda bersejarah, aktivitas budaya, pusat kuliner dan pusat kerajinan atau souvenir khas Kabupaten Dairi. Kemudian dilakukan penataan taman.

“Rencananya kawasan Gedung  Nasional Djauli Manik akan ditata dengan baik. Di sini akan dijadikan sebagai tempat aktivitas budaya dan pusat kuliner,” kata Bupati Dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu saat melakukan peninjauan Gedung Nasional Djauli Manik Sidikalang, Senin (20/1/2020).

Dalam kunjungan tersebut, Bupati Dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu yang didampingi oleh Ketua Dekranasda Kabupaten Dairi Ny. Romy Mariani Eddy Berutu beserta Sekretaris Daerah Leonardus Sihotang, Asisten Perkonomian Dan Pembangunan Dairi, Kadis Kominfo Dairi, Plt. Kadis Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga.

Eddy Berutu menegaskan, penataan dilakukan karena Gedung Nasional Djauli Manik sebagai salah satu bangunan bersejarah di Kabupaten Dairi harus dikelola dan dilakukan pemanfaatan yang baik untuk menarik wisatawan dalam peningkatan ekonomi masyarakat.

Untuk itu, Eddy meminta kepada dinas terkait untuk mencari alternatif pembiayaan yang bertujuan untuk revitalisasi tersebut, mengingat kemampuan APBD yang terbatas.

Bupati juga meminta pusat kuliner dan souvenir di Gedung nasional tersebut nantinya menggunakan sistem transaksi non tunai dalam transaksi perdagangan yang bertujuan membuat akses masyarakat menjadi lebih luas kedalam sistem pembayaran dan meningkatkan sirkulasi uang dalam perekonomian Kabupaten Dairi.

“Kita juga berharap kedepannya Gedung Nasional Djauli Manik ini dapat dimanfaatkan sebagai salah satu destinasi favorit para wisatawan domestik, maupun wisatawan asing selain Silahisabungan dan Taman Wisata Iman Sitinjo. Kita sangat mengharapkan peran serta dan dukungan masyarakat untuk rencana ini,” tukasnya.

Penulis: pelitarakyat
Editor: pelitarakyat
Photographer: Istimewa

Baca Juga