Sidikalang Gedung Djauli Manik, Dairi

Pemkab Dairi Gelar Puncak Festival Dairi Kreatif

DAIRI, Pelitarakyat.com- Pemerintah Kabupaten Dairi melalui Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kabupatem Dairi menggelar puncak Festival Dairi Kreatif, Jumat, (24/06/2022) di pelataran Gedung Djauli Manik.

Kegiatan yang dirangkai dengan peresmian gedung Dekranasda dan kios oleh-oleh ini merupakan rangkaian Semesta Dairi Memanggil yang sudah dilaunching di Jakarta, awal Juni lalu.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Bupati Dairi, Dr Eddy Keleng Ate Berutu, dan dihadiri unsur Forkopimda mewakili ketua DPRD, Radeanto Banjar Nahor, Kepala BPODT divisi pemasaran nusantara, Swanto Sinambela, sekretaris Dekranasda Sumut, Hasnah Lely Siregar, kepala dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Rahmat Syah Munthe, Kepala Dinas Perindagkop dan Ketua Dekranasda Dairi, Ny.Romy Mariani Eddy Berutu.

Dalam sambutannya, Bupati Dr Eddy Keleng Ate Berutu menyampaikan Kabupaten Dairi ingin mengembangkan pariwisata dan ekonomi kreatif.

"Memang alam Dairi sudah menyediakan pesona yang membanggakan namun kita tentu harus tetap mendorong agar pariwisata dan ekonomi kreatifitas itu bisa berlanjut," katanya.

Bupati juga menjelaskan, pasca pandemi 2 tahun ini, berbagai kegiatan kreatifitas nyaris tidak terlaksana, namun saat ini pandemi sudah mereda, hingga berbagai kegiatan saat ini secara perlahan sudah bisa dilakukan.

"Bila kreatifitas sudah bergerak maka ekonomi akan membaik. Ini memang sudah kita kick off bersamaan dengan Semesta Dairi Memanggil. Kami harapkan UMKM juga manfaatkan momen dan lahan gedung ini semaksimal mungkin untuk menjadi tempat berkumpul berbagi ide kreatif. Semoga acara berjalan sukses, dan kabupaten Dairi sukses juga menjadi tujuan wisata", kata Bupati menambahkan

Sementara itu, Kepala dinas pariwisata, Kebudayaan Pemuda dan Olahraga, Rahmat Syah Munthe sebelumnya menjelaskan Dairi Kreatif Festival merupakan pengembangan kepariwisataan dan ekonomi kreatif dengan memfasilitasi atau memberi ruang mengekspresikan karya bagi para SDM-SDM dan UMKM Kabupaten Dairi.

"Ini adalah rangkaian kick off Semesta Dairi memanggil yang sudah kita launching sebelumnya, termasuk moment memanggil remaja dan pelaku UMKM dalam mengisi pembangunan di Dairi, agar tersedia wadah bagi pelaku kreatif dalam mengembangkan SDM di Kabupaten Dairi," katanya

Rahmat menyebut, kegiatan ini juga disebarluaskan secara Hybrid baik offline dan online melalui kanal youtube disparbudporadairi yang berisikan berbagai kegiatan kreatif seperti video kreatif kontes, mc kontes, e-sport, konser virtual, fashion show yang audisinya sudah dilakukan sejak 24 Mei secara online.

"Ada 278 peserta yang terdaftar secara online yang mengikuti kegiatan ini dari berbagai kategori. Sementara final talent shownya akan dilaksanakan di 25 Juni besok. Kita patut berbangga seluruh produksi adalah kreatifitas anak Dairi," katanya mengakhiri.

Baca Juga