Budaya

Eddy Berutu Resmikan Gedung Lembaga Kebudayaan Pakpak: Mari Menjaga dan Melestarikan Adat dan Budaya Pakpak

SIDIKALANG, pelitarakyat.com – Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu meresmikan pemanfaatan gedung Lembaga Kebudayaan Pakpak (LKP) di Sidikalang, Mingu (21/4/2024). Gedung ini diharapkan mempunyai peran penting dalam pengembangan kebudayaan Pakpak.

“Kami sangat bersyukur bangunan pemanfaatannya gedung LKP ini diremiskan yang disaksikan langsung tokoh adat, tokoh masyarakat, ketua Sulang Silima Marga, para seniman,” kata Eddy Berutu saat memberikan kata sambutan. Ia didampingi, Romy Mariani Simarmata.

Baca Juga  Persiapan MUBES Ke-IV PB3I Diadakan Rapat Panitia

Eddy Berutu yang juga merupakan Ketua Perpulungan Berutu Berru Bubrena Indonesia (PB3I) terpilih berharap bangunan ini dipergunakan untuk acara diskusi peradatan.

“Gedung ini diharapkan dapat menjadi lembaga tempat belajar mengenai warisan budaya sehingga suku Pakpak terus lestari dan dapat diketahui oleh anak cucu kita di masa yang akan datang.,” katanya.

Iklan

Eddy Berutu pun berpesan kepada etnis Pakpak dimanapun berada, agar selalu menjaga dan melestarikan adat dan budaya Pakpak sebagai warisan leluhur yang sudah mengisi berbagai sendi kehidupan masyarakat.

Baca Juga  Menteri Sandiaga Kudadiri: Program Semesta Dairi Memanggil Terobosan Eddy Berutu yang Kreatif

Selain itu, Eddy Berutu berupaya mendukung dan mendorong keterlibatan tokoh-tokoh adat khususnya tokoh adat Pakpak dalam pemajuan dan pelestarian kebudayaan Pakpak.

“Untuk itu mari kita semua etnis pakpak untuk menjadi para pejuang budaya yang akan melestarikan dan mengembangkan budaya Pakpak hingga dapat dikenal di seluruh Nusantara bahkan ke kancah Internasional,” imbuhnya.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Iklan
Back to top button