Ketua Himpak Dairi Ajak Masyarakat Dukung Program Vaksinasi Covid-19

SIDIKALANG, Pelitarakyat.com - Program vaksinasi covid-19 telah dilakukan oleh Pemerintah Pusat dengan membagikan vaksin covid-19 langsung ke berbagai daerah di Indonesia, sebagai upaya untuk mencegah penyebaran covid-19 di Indonesia.

Berkaitan dengan hal tersebut, Ketua Himpunan Masyarakat Pakpak (HIMPAK) Kabupaten Dairi Raja Ardin Ujung mengajak seluruh elemen masyarakat yang ada di Kabupaten Dairi untuk  mendukung program vaksinasi Covid-19 yang akan segera dilaksanakan dalam waktu dekat oleh Pemerintah Kabupaten Dairi.

Dalam melindungi masyarakat Kabupaten Dairi dari penularan virus covid-19, Raja Ardin Ujung mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu yakni dengan menyisihkan anggaran untuk penaganan covid-19 serta melakukan kerjasama dengan berbagai pihak khususnya TNI-Polri dalam rangka memberikan imbauan protokol kesehatan (Prokes) hingga ke pelosok desa.

“Berbagai kegiatan dan acara-acara di lingkungan Pemerintah Kabupaten Dairi yang dilaksanakan saya melihat tetap mengikuti aturan protokol kesehatan yang ketat guna menghindari penyebaran covid-19,” kata Raja Ardin.

Langkah yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Dairi dalam pelaksanaan vaksinasi nantinya diutarakan Raja Ardin Ujung harus di dukung sepenhnya oleh seluruh elemen masyarakat, sehingga pelaksanaannya dapat berjalan dengan baik mengingat apa yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Dairi sebagai bentuk kepedulian terhadap rakyatnya.

“Mari kita dukung upaya yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Dairi dalam pelaksanaan program vaksinasi guna mencegah dan melindungi masyarakat dari penularan covid-19,” ucap Raja Ardin pada, Selasa (26/1/2021).

Dalam pelaksanaan vaksinasi tersebut nantinya, Ia menyampaikan bahwa Himpak siap mendukung dan mengawal agar berjalan sukses dan lancar. Dalam hal pelaksanaan vaksinasi covid-19 di Kabupaten Dairi, Raja Ardin Ujung menyampaikan bahwa Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu telah melakukan peninjauan langsung ke Puskesmas - Puskesmas untuk melihat kesiapan dalam pelaksanaan vaksinasi sekaligus memberikan motivasi dan semangat kepada tenaga kesehatan dalam melaksanakan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Raja Ardin Ujung mengatakan, sejak Januari 2021 jumlah kasus covid-19 di Kabupaten Dairi terus meningkat, bahkan tenaga kesehatan juga ikut terpapar oleh virus ini. Naiknya angka tersebut menurutnya karena pada masa libur Natal dan Tahun Baru banyak masyarakat yang kebablasan dengan mengabaikan protokol kesehatan di tempat-tempat hiburan dan wisata dengan berkumpul dan berkerumun.

“Dampaknya baru terlihat di bulan Januari ini. Jadi, bukan karena lemahnya himbauan protokol kesehatan dan pengawasan dari Tim Gugus Tugas penaganan covid-19 Kabupaten Dairi,” terangnya.

Terkait adanya tenaga kesehatan rumah sakit yang terkonfirmasi covid-19, Raja Ardin Ujung telah berkoordinasi dengan Direktur RSUD Sidikalang dr. Sugito Panjaitan untuk melakukan sterilisasi seluruh ruangan dan lingkungan sekitar rumah sakit, sehingga bebas dari penyebaran covid-19 dan pelayanan di RSUD Sidikalang tidak terganggu. Dipaparkan Raja Ardin Ujung bahwa memutus penyebaran dan penularan covid-19 bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja, namun peran serta dari masyarakat juga sangat diharapkan.

Penulis: Jem
Editor: pelitarakyat
Photographer: Istimewa

Baca Juga