Daerah

Bupati Eddy Berutu Buka Rakor Timpora

SIDIKALANG, pelitarakyatcom – Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu membuka secara resmi Rapat Koordinasi Tim Pengawasan Orang Asing (TIMPORA) Kabupaten Dairi dan Kabupaten Pakpak Bharat, Kamis (04/11/2021) di Hotel Mutiara Sidikalang. Rapat koordinasi yang bertemakan “Sinergitas TIMPORA dalam tatanan kehidupan baru” tersebut diselenggarakan oleh oleh Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia (Kemenkumham) Sumatera Utara dengan pelaksana kegiatan yakni dari Kantor Imigrasi Kelas II TPI Pematang Siantar.

Dalam sambutannya, Bupati Eddy Berutu menyampaikan apresiasi dan dukungan serta sambutan baik kegiatan rapat koordinasi Timpora dengan mempedomani Undang-undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian dimana dalam pengawasan Keimigrasian terhadap orang asing di wilayah Indonesia, Menteri membentuk Tim Pengawasan Orang Asing (Tim PORA) baik di tingkat pusat maupun di daerah.

“Kami sebagai kepala daerah tentu sangat mendukung dan menyambut baik kegiatan ini. Kesempatan yang baik ini merupakan salah satu wujud nyata kerjasama yang baik antara instansi terkait dengan pengawasan keimigrasian terhadap aktivitas orang asing di Dairi maupun Pakpak Bharat”, jelas Bupati.

Baca Juga  Bupati Eddy Berutu Sampaikan Nota Pengantar Perubahan KUA dan PPAS 2023

Bupati Eddy mengutarakan Pemerintah Daerah mempunyai tugas dan tanggung jawab dalam pemantauan orang asing atau organisasi kemasyarakatan asing yang berdomisili di daerah. Mekanisme pemantauan yang dilakukan adalah dengan verifikasi dokumen administratif dan tindakan lapangan. Kegiatan ini menjadi langkah awal meningkatkan sumber daya manusia yang membidangi intelijen dalam pengawasan orang asing”, ucap Bupati Eddy

Iklan

Dengan dilaksanakannya Rapat koordinasi ini, Bupati Eddy menuturkan akan dapat merealisasikan sumber daya manusia yang ada, secara vertikal dan horizontal meningkatkan sinergitas antar instansi khususnya yang tergabung dalam keanggotaan Tim PORA Kabupaten Dairi dan Pakpak Bharat. Rapat koordinasi ini disampaikan Bupati merupakan kesempatan yang baik untuk saling mengenal, bertukar informasi dan selanjutnya bersinergi dan berkoordinasi.

Baca Juga  Bupati Eddy Berutu Sambut Baik Dewan Dari Dapil XI Sumut

Kepala Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Sumatera Utara yang diwakili oleh Kepala Bidang Inteladakim Arthur Mawikere, S.Sos. M.H dalam kesempatan tersebut mengatakan kantor wilayah telah membentuk Tim PORA di Kabupaten Dairi dan Kabupaten Pakpak Bharat dengan tujuan dapat meningkatkan sinergitas terjalin kerjasama dengan baik serta kesempatan yang baik bersinergi sesama instansi. Tak lupa, Arthur menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Dairi dan Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat yang telah mendukung kegiatan rakor dimaksud yang diharapkan akan dapat memberikan dampak bagi ke dua daerah.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Sekretaris Daerah Pakpak Bharat yang diwakili oleh Kepala Badan Kesbangpol Pakpak Bharat, Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Pematang Siantar Mulyadi, S.H, M.H., serta pimpinan OPD terkait, perwakilan Unsur Forkopimda Kabupaten Dairi dan Pakpak Bharat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Iklan
Back to top button