Peristiwa

Bupati Eddy Berutu Rayakan Diakonia Natal di Kecamatan Sidikalang

SIDIKALANG, pelitarakyatcom – Pemerintah Kabupaten Dairi kembali menggelar perayaan Diakonia Natal dalam rangka menyambu Hari Raya Natal 25 Desember di Tahun 2021 ini.

Perayaan Diakonia Natal ini dilaksanakan secara bergiliran di tiap-tiap Kecamatan se-Dairi yang diawali dari Kecamatan Silahisabungan yang dihadiri para umat Kristiani yang merayakan. Dan hari ini, Jumat (10/12/2021) dilaksanakan di Kecamatan Sidikalang bertempat di Gereja GKPPD Sidikalang Kota.

Dalam renungan di acara Diakonia Natalnya tersebut yang dipimpin oleh Pdt. Ronal Solin Sth menyampaikan agar umat senantiasa hidup dalam kebenaran dan persaudaraan yang dikuatkan dalam hidup cinta kasih persaudaraan.

“Kasih yang sesungguhnya adalah kasih Agave yang pada hakekatnya digerakkan oleh cinta kasih Kristus. Kiranya thema natal kali ini digerakkan oleh Kristus sehingga apapun perbedaan kita senantiasa hidup dalam kasihnya”, ujar Pdt. Ronal Solin Sth.

Iklan

Dalam kotbahnya, Ia juga berpesan agar seluruh masyarakat senantiasa mendukung segala upaya pemerintah dalam mengembalikan Perekonomian di masa Pandemi Covid-19 yang sedang terjadi saat ini.

“Kasih persaudaraan dalam masa sulit, harus senantiasa diaplikasikan. Jangan egois hanya karena saling memikirkan dirinya sendiri”, pesannya.

Sementara itu, Bupati Dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu yang turut hadir dalam acara itu, dalam sambutannya mengatakan dirinya atas nama Pemerintah Kabupaten Dairi dan masyarakat mengucapkan Selamat Advent dan selamat menyambut Hari Raya Natal kepada warga Dairi dan umat Sidikalang yang merayakan.

“Saya harap perayaan natal bukan hanya rutinitas, namun dapat menjadi momentum pengakuan kita terhadap kelahiran Yesus kristus. Ini adalah aktualisasi kehidupan kita yang sebenarnya, sehingga Natal ini menjadi pembaharuan bagi diri kita masing-masing”, kata Eddy Berutu.

Baca Juga  Kasus Covid-19 Tinggi di Dairi, MUI Minta Masyarakat Patuhi Instruksi Bupati Tentang PPKM

Bupati Eddy Berutu juga menyampaikan bahwa dalam masa Pandemi Covid-19 yang masih terjadi saat ini ternyata Negara Indonesia masuk dalam 5 besar terbaik dalam Penanganan Covid-19. Menurutnya, hal ini bisa terwujud berkat adanya budaya saling tolong-menolong yang harus terus selalu dipupuk sehingga budaya itu tetap dapat dipertahankan.

“Kita menjadi satu-satunya negara berkembang yang mampu mengendalikan dampak Covid 19 sehingga di tahun depan diagendakan akan ada pertemuan negara-negara maju di Bali. Itu semua karena mereka percaya bahwa Indonesia mampu menyelesaikan persoalan Pandemi ini. Ini keberhasilan kita”, ucap Eddy Berutu.

Iklan

Lebih lanjut Bupati Eddy Berutu memaparkan bahwa akibat dari Pandemi Covid-19 yang terjadi dalam kurun waktu dua tahun terakhir mengakibatkan banyak kendala dalam pelaksanaan pembangunan yang tentu menjadi terhambat. Disampaikannya, hal ini dialami oleh seluruh daerah yang ada di Indonesia.

“Tidak hanya di daerah kita di Dairi, namun hambatan pembangunan akibat Pandemi Covid-terjadi di setiap daerah. Meski demikian Pemerintah Kabupaten Dairi tetap berupaya agar pembangunan dapat berjalan khususnya di Kecamatan Sidikalang”, tutur Eddy Berutu.

Dalam kesempatan itu pula, Bupati Eddy Berutu mengungkapkan ada beberapa rencana pembangunan yang akan dilaksanakan di tahun 2022 mendatang demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Dairi; seperti rencana pembangunan gedung 2 lantai untuk pelatihan UMKM. Selain itu, TPA terbesar dengan teknologi pengelolaan terbaru di desa Bintang pun sudah diserahterimakan pengelolaannya kepada Pemkab Dairi.

“Perlahan tapi pasti, kita sudah lakukan berbagai pembangunan fasilitas meski itu di masa Pandemi. Ke depan, pembenahan dan pembangunan akan terus kita genjot dan ketertinggalan yang terjadi selama Pandemi Covid-19 akan kita kejar demi kemajuan daerah yang kita cintai ini”, katanya.

Baca Juga  Dirjen Pertanahan Puji Komitmen Pemkab Dairi Konsolidasi Tanah Desa Sitinjo, 304 Sertipikat Tanah Diterbitkan

Selain itu, rencana pembangunan lainnya juga akan dilakukan pada tahun 2022. Yang mana Bupati Eddy Berutu mengatakan akan di bangun berbagai fasilitas di Silalahi karena daerah Silalahi masuk ke dalam kawasan strategis pariwisata nasional (KSPN).

Di akhir sambutannya, Bupati Eddy Berutu menghimbau kepada seluruh masyarakat khususnya para perantau, untuk tidak mudik saat perayaan Natal dan Tahun Baru. Hal itu disampaikannya berdasarkan arahan dari Pemerintah Pusat yang menghimbau seluruh masyarakat agar tidak mudik saat perayaan Natal dan Tahun Baru 2022.

Dalam kesempatan yang sama, Camat Sidikalang Robot Simanullang menyampaikan rasa terimakasih kepada pada Pimpinan dalam hal ini Bupati Eddy Berutu atas segala perhatian yang diberikan kepada wilayah Kecamatan Sidikalang. Tidak lupa juga dirinya menyampaikan rasa terimakasih keada pengurus gereja GKPPD yang telah mempersiapkan kegiatan ini dengan baik yang tentunya itu didorong oleh rasa persaudaraan yang kuat.

“Dengan kasih persaudaraan, mari kita sambut wujud pembangunan yang sudah dilakukan oleh pemerintah kepada Silahisabungan mengingat Silahisabungan menjadi kawasan strategis pariwisata nasional”, ujar Robot Simanullang.

Di akhir acara Perayaan Diakonia Natal Bupati Eddy Berutu membagikan bingkisan dan kado natal kepada Ara Ibu-ibu dan lansia yang ada di Kecamatan Sidikalang. Bupati Eddy Berutu juga memberikan bantuan berupa kursi roda dan tongkat kepada warga disabilitas dan warga berkebutuhan khusus yang yang membutuhkan.

Turut hadir dalam perayaan Diakonia Natal di Kecamatan Sidikalang Unsur Forkopimda, Wakil Ketua Pengadilan negeri Sidikalang, Kepala Dinas Sosial Parulian Sihombing, unsur Forkopimca Sidikalang, para Lurah se kecamatan Sidikalang,Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, dan Kepala Desa se-Kecamatan Sidikalang.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Iklan
Back to top button