Daerah

Dairi Terima Penghargaan Pejuang Kakao

PARAPAT, pelitarakyatcom – Kabupaten Dairi terima penghargaan pejuang kakao Sumut pada Hari Perkebunan dan Hari Rempah Nasional tahun 2021 di Hotel Niagara Parapat, Jumat (10/12/2021). Penghargaan tersebut diterima oleh pejuang kakao Kabupaten Dairi Elka Natalia Tampubolon yang diwakili oleh Ketua Dekranasda Kabupaten Dairi Ny. Romy Mariani Eddy Berutu yang diserahkan oleh Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara.

Sebelumnya, Peringatan Hari Perkebunan dan Hari Rempah Nasional tahun 2021 dihadiri oleh Wakil Presiden RI Ma’Aruf Amin bersama Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi.

Wakil Presiden dalam kegiatan tersebut mengatakan dari kawasan Parapat ini, Indonesia ingin wujudkan agri tani yang unggul salah satunya melalui rempah kita yang sarat dengan nilai kebangsaan dan sejarah.

Baca Juga  Eddy Berutu Komit Tingkatkan Literasi Masyarakat

Wakil Presiden mengutarakan tanggal 10 Desember dijadikan sebagai hari perkebunan yang merupakan tanda bangkitnya pertanian. “Sudah saatnya kita manfaatkan sebaik baiknya komoditas non migas ini, kita ingin meningkatkan ekspor ke pasar luar negeri. Saya meyakini strategi ini bisa memberikan peningkatan nilai tambah bagi perekonomian nasional.
Saya harapkan kita semakin gencar mengkampaenyakan hasil bumi rempah. Kekuatan branding ini perlu dibangun dengan memperhatikan kualitas produk pertanian,” ujar Wakil Presiden.

Iklan

Sementara itu, Ketua Dekranasda Romy Mariani dalam kesempatan tersebut usai menerima penghargaan mengatakan sangat bangga terhadap pejuang kakao dari Kabupaten Dairi, yakni Elka Natalia Tampubolon. Romy Mariani berharap, dengan adanya penghargaan ini akan semakin dapat meningkatkan hasil produksi dan kualitas cokelat Dairi. “Semoga penghargaan ini juga dapat menjadi inspirasi bagi petani cokelat Dairi dalam menghasilkan cokelat terbaiknya sehingga memiliki nilai jual yang tinggi saat dipasarkan,” ujar Romy.

Baca Juga  Kota Dumai Masuk Sepuluh Besar PPD

Hari Perkebunan dan Hari Rempah Nasional tahun 2021 ditandai dengan pelepasan ekspor komoditas rempah sebanyak 25 jenis oleh Wakil Presiden. Pelepasan ekspor komoditas rempah tersebut salah satunya akan menuju Negara Turki.

Dalam kegiatan tersebut, juga diadakan pameran yang menunjukkan hasil rempah rempah dari Kabupaten/Kota Provinsi Sumatera Utara.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Iklan
Back to top button