Peristiwa

Diakonia Natal Di Sinehi, Masyarakat Terima Perhatian Dari Bupati Dan Ketua TP PKK Kabupaten Dairi

SIEMPAT NEMPU HILIR, pelitarakyatcom – Pemerintah Kabupaten Dairi mengadakan Diakonia Natal di Kecamatan Siempat Nempu Hilir yang bertempat di Gereja HKBP Lae Mahampan Resort Pardomuan, Selasa (14/12/2021).

Perayaan diakonia natal tersebut dihadiri oleh Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu yang diwakili oleh Kepala Dinas Sosial Drs. Parulian Sihombing, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Dairi Ny. Romy Mariani Eddy Berutu, Pimpinan OPD, Camat Siempat Nempu Hilir Swanto Sitakar.

Dalam khotbahnya, Pdt. Silaban yang memimpin perayaan itu menyerukan lewat diakonia ini mari kita belajar untuk membuat lembaran baru. Hal itu karena sesuai dengan yang dikatakan oleh Rasul Petrus yang mengajarkan agar setiap manusia untuk dapat berbuat kasih.

“Ketika saling mengasihi maka kita akan bisa duduk bersama”, ujar Pendeta.

Iklan

Bupati Eddy Berutu dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kepala Dinas Sosial mengatakan atas nama Pemerintah Kabupaten Dairi dan masyarakat mengucapkan Selamat Advent dan selamat menyambut Natal dan kepada warga dan umat Siempat Nempu Hilir yang merayakan.

“Saya harap perayaan natal bukan hanya rutinitas, namun dapat menjadi momentum pengakuan kita terhadap kelahiran Yesus Kristus. Ini adalah aktualisasi kehidupan kita yang sebenarnya, sehingga natal ini menjadi pembaharuan bagi diri kita masing-masing”, kata Eddy Berutu.

Bupati Eddy Berutu menyampaikan agar melalui diakonia ini, masyarakat dapat hidup kudus, penuh pengharapan dan mampu bekerja cerdas dalam menghadapi perubahan dunia yang semakin meningkat setiap harinya.

“Dairi Unggul dapat terwujud jika masyarakat saling bahu membahu dan melaksanakan tugas sesuai dengan talenta masing-masing”, ujar Eddy Berutu.

Bupati Eddy Berutu pun menghimbau masyarakat tetap taat dalam menjalankan protokol kesehatan yang ketat dalam melakukan aktivitas di masa Pandemi Covid-19. Tidak lupa dirinya juga mengatakan bahwa Indonesia masuk dalam 5 besar terbaik dalam penanganan Covid-19. Menurutnya, hal itu terwujud berkat adanya budaya tolong-menolong yang harus terus selalu dipupuk sehingga budaya itu tetap dapat dipertahankan.

Baca Juga  Menuju Kemandirian Petani Untuk Dairi Unggul

“Kita menjadi satu-satunya negara berkembang yang mampu mengendalikan dampak Covid-19 sehingga di tahun depan diagendakan akan ada pertemuan negara-negara maju di Bali. Itu semua karena mereka percaya bahwa Indonesia mampu menyelesaikan persoalan pandemi ini. Ini keberhasilan kita,” ucap Eddy Berutu.

Iklan

Perlu diketahui, kata Bupati Eddy Berutu, akibat dari Pandemi Covid-19, beberapa pembangunan di Kabupaten Dairi, menjadi terhambat dan hal itu terjadi di seluruh daerah di Indonesia. Namun diutarakan, Pemerintah Kabupaten Dairi tetap berupaya agar pembangunan dapat berjalan di tiap-tiap Kecamatan yang ada di Dairi.

Dikatakan, ada beberapa rencana pembangunan yang akan kita kerjakan di tahun depan seperti rencana pembangunan gedung 2 lantai untuk pelatihan UMKM. Selain itu TPA terbesar dengan teknologi pengelolaan terbaru di desa Bintang pun sudah diserahterimakan pengelolaannya.

Selain itu, rencana pembangunan lainnya juga akan dilakukan pada tahun 2022. Yang mana Bupati Eddy Berutu mengatakan akan di bangun sebanyak 12 fasilitas pariwisata di Silalahi karena daerah Silalahi masuk ke dalam kawasan strategis pariwisata nasional (KSPN).

Di akhir sambutannya, Bupati Eddy menghimbau kepada seluruh masyarakat khususnya para perantau, untuk tidak mudik saat perayaan Natal dan Tahun Baru. Hal itu disampaikan Bupati karena sesuai dengan arahan dari Pemerintah Pusat yang menghimbau seluruh masyarakat agar tidak mudik saat perayaan Natal dan Tahun Baru 2022.

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Dairi dalam sambutannya mengatakan pada minggu Advent III adalah minggu sukacita dimana kita menyediakan tempat di hati kita untuk menyambut kelahiran sang juru selamat.

Diakonia natal ini diutarakan Romy Mariani bertujuan untuk memberikan perhatian kita kepada sesama.

“Mari kita saling mengasihi, tanpa kasih kita tidak dapat mewujudkan pembangunan. Kasih Pak Bupati ada bersama-sama masyarakat Desa Lae Hitam, doa Pak Bupati tetap ada kepada masyarakat Siempat Nempu Hilir meskipun tidak bisa hadir pada saat ini”, ujar Romy.

Baca Juga  Satgas COVID-19 Tegur Sejumlah Pusat Hiburan Malam

Disampaikan Romy Mariani bahwa pembangunan secara fisik memang tidak maksimal karena adanya Pandemi Covid-19. Namun, disinilah peran dari kasih diperlukan seperti yang disampaikan dalam khotbah oleh pendeta.

“Apabila kita saling mendukung dan saling mengasihi, maka dengan rahmat Tuhan maka pembangunan akan dapat berjalan dengan baik. Pemerintah Kabupaten Dairi tetap bekerja dengan maksimal agar pembangunan dapat dirasakan oleh masyarakat Dairi. Mari kita songsong tahun 2022 dengan lebih baik agar Kabupaten Dairi dapat lebih Unggul seperti yang kita cita-citakan bersama”, ucap Romy Mariani.

Selanjutnya, Camat Swanto Sitakar dalam sambutannya mengatakan sebagai Camat mewakili masyarakat menyampaikan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Dairi karena pada tahun 2021 sudah merasakan perbaikan infrastruktur walaupun belum seluruhnya.

“Mulai dari tahun 2017, baru tahun ini pelaksanaan pembangunannya dapat terwujud. Pembangunan ini dapat berjalan jika seluruh pihak terkait dapat bekerjasama dengan baik,” ujar Swanto.

Di akhir acara Perayaan Diakonia Natal, Pemerintah Kabupaten Dairi membagikan kursi roda kepada warga yang membutuhkan. Selain kursi roda, Bupati juga membagikan bingkisan natal berupa sembako kepada masyarakat yakni wanita rawan sosial dari Kecamatan Siempat Nempu Hilir.

Dalam pembagian kursi roda, salah satu penerima, Rikardus Sihotang (20) memiliki bakat yang luar biasa. Dalam pengakuannya, Rikardus dapat menciptakan hasil karya seperti rumah mini ataupun mainan untuk anak anak.

“Hasilnya sudah saya jual, namun belum maksimal hasilnya. Kiranya saya dapat dibantu sehingga dapat membantu perekonomian keluarga saya juga. Terimakasih juga kepada Pak Bupati dan Ibu Ketua TP PKK atas bantuan kursi roda, semoga Pak Bupati dan Ibu tetap dalam lindungan Tuhan,” ucap Rikardus.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Iklan
Back to top button