Peristiwa

Persodipen Punca Tahun, Ritual Adat Meminta Doa agar Dairi Tentram dan Aman

SIDIKALANG, pelitarakyatcom – Siang ini, Kamis 30 Desember 2021 tokoh masyarakat, tokoh marga dan pemuda ‘sukut nitalun’ di Kabupaten Dairi menggelar acara persodipen punca tahun atau doa akhir tahun.

Acaranya digelar di pelataran Kantor MPC PP Kabupaten Dairi. Sebelum acara ritual dimulai, sesepuh atau tokoh adat pakpak yang ada di Kabupaten Dairi Konstan Capah memanjatkan doa agar acara berjalan dengan baik.

Konstan tampak memanjatkan doa, agar leluhur pakpak memberkati acara dan diberikan kedamaian di Kabupaten Dairi. Konstan juga mendoakan agar pemimpin di pemerintah diberikan kekuatan dan kesehatan.

Dalam ritual itu, Konstan juga mendokan agar Dairi aman, kondusif dan terhindar dari perpecahan. Ia meminta agar menjauhkan orang-orang yang punya niatan jahat demi kepentingan pribadi.

Iklan

Usai memanjatkan doa, Konstan juga mendoakan agar makanan yang sudah dihidangkan bisa bermanfaat.

Baca Juga  Nggak Boleh Berjualan di Jalan Sekolah, Salah!

Acara tersebut suasana tampak sejuk. Tidak ada terik panas. Adem suasananya. Ritual tersebut pun sukses dan penuh hikmat.

Usai gelar doa, Konstan membagikan makanan kas pakpak yang telah disiapkan yakni; Menum ndirabaren, ndindak ginaburen.

Usai ritual doa, tokoh masyarakat Dairi Dr Abdul Angkat mengatakan acara ritual adat punca tahun itu sangat baik. Dalam acara tersebut, Abdul Angkat acara tersebut sebagai upaya untuk mempertahkan budaya pakpak di Kabupaten Dairi.

Ia pun mengatakan, acara ritual tersebut sebagai doa agar Dairi tetap kondusif dan aman. Ia mengatakan, Dairi sangat heterogon dan punya keunikan sendiri. Meski bermacam suku dan agama Dairi tetap aman.

Baca Juga  Menteri Lingkungan Hidup Ceko: Sumut Memiliki Sumber Energi Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi

“Untuk itu saya berharap persatuan dan kesatuan tetap dijaga. Mari kita jaga perdamaian. Mari kita saling menghormati. Jangan kedepankan kepentingan pribadi di atas kepentingan orang banyak,” katanya.

Iklan

Tak hanya itu Abdul Angkat juga meminta semua pemuda-pemuda di Kabupaten Dairi untuk tetap menjaga perdamaian. “Dari etnis mana pun dia, dari agama apapun dia mari kita jalin persaudaraan,” ungkapnya.

Mantan anggota DPRD Dairi itu pun menyinggung soal pandemi covid 19. Ia berdoa agar covid 19 segera berakhir.

“Tentunya makna persodipen ini, bagimanan masyarakat Dairi supaya aman, damai sejahtera untuk tahun 2022. Mari kita doakan agar pemerintah Dairi tetap dalam lindungan tuhan yang maha kuasa,” harapnya,” tukasnya.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Iklan
Back to top button