Uncategorized

Bupati Dairi Letakan Batu Pertama Pembangunan Sopo Pendidikan Petani di Sitinjo

Bupati Dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu menghadiri dan melakukan peletakan batu pertama pembangunan sopo pendidikan petani di tanah yang dihibahkan Benpa Hisar Nababan yang berlokasi di Perumahan/Kaplingan New Normal, Kecamatan Sitinjo, Kabupaten Dairi, Selasa (24/5/2022) siang.

“Saya merasa haru atas inisiasi pembangunan fasilitas atau ruang belajar khususnya bagi petani ini,” kata Eddy Berutu usai meletakkan batu pertama pembangunan Sopo Pendidikan petani.

Disebutkannya, ia sangat senang bertemu di sini untuk masa depan. Oppu i Ephorus sudah memulai, “kita di sini pun sudah melakukan. Saya meminta kepada kita yang lain untuk saling mendukung satu sama lain terlebih soal pertanian,” ucap Eddy Berutu.

Inisiasi seperti sopo pendidikan petani ini penting bagi semua, untuk kembali membudayakan bertani terutama bagi kaum muda.

Iklan

“Saya bangga pada apa yang dilakukan oleh HITADA, kontribusi pada anak-anak petani berprestasi ini sangatlah diperlukan. Kita berdoa aspirasi dan niat baik kita ini akan diberkati oleh Tuhan Yang Maha Kuasa,” ucapnya.

Sementara itu Benpa Hisar Nababan mantan Ketua PDI Perjuangan Dairi menyampaikan, walau petani di Kabupaten Dairi masih banyak hidup dalam kemiskinan, tapi anak-anak mereka untuk meraih pendidikan yang lebih tinggi demi menggapai cita-citanya tidak boleh kalah.

Baca Juga  Bupati Eddy Berutu Tinjau Gotong Royong Pembersihan Pantai Silalahi Jelang Aquabike Jetski

Disebutkannya, anak-anak petani boleh hidup miskin, tapi tak kalah untuk sekolah lebih lanjut.
Dengan sekolah yang lebih tinggi sampai ke luar negeri, anak-anak petani diharapkan nantinya bisa menerapkan ilmu yang didapat untuk memajukan pertanian di Dairi dan meningkatkan perekonomian petani khususnya orang tua mereka.

“Jadi saya berharap anak-anak petani bisa kuliah sampai ke luar negeri, sehingga bisa menjawab tantangan pertanian di Indonesia saat ini,” ucap Benpa.

Dengan dibangunnya Sopo pendidikan petani, mantan Wakil Ketua DPRD Dairi dua periode ini menuturkan, para petani di Kecamatan Sitinjo, bisa belajar lebih banyak tentang pertanian.

“Mereka juga bisa berinteraksi dan bermusyawarah tentang pertanian dengan petani lainnya di sopo ini,” pungkasnya

Iklan

Mengutip kata dari buku karangan Pdt SAE Nababan “Selagi Masih Siang. Benpa mengajak semua harus menghargai waktu dengan tepat waktu untuk mencapai cita-cita dan impian.

Peletakan batu pembangunan Sopo Pendidikan Petani, kata Benpa juga untuk memperingati 20 tahun berdirinya HITADA (Himpunan Tani Dairi).

Mewakili anak petani, Dian Sitanggang yang telah selesai menamatkan pendidikan di universitas HKBP Nomensen Medan jurusan bahasa Inggris mengungkapkan, HITADA sangat memberi aura positif terhadap pertanian dan dunia pendidikan di Dairi. “Orang tua saya telah bergabung dengan HITADA sekitar 10 tahun lamanya,” ucap Dian.

Baca Juga  Rehab Gedung Sekolah Dasar Desa Kuta Jungak, Tidak Ada Papan informasi Kegiatan

Menurutnya, atas perhatian ekstra dari Bupati Dairi, saat ini keadaan pertanian di Dairi sudah baik. Ketika keadaan pertanian di Dairi baik, maka keadaan pendidikannya juga baik.

Sehingga harus adanya keseimbangan antara pertanian dan pendidikan, karena kenyataannya dominan mata pencaharian masyarakat Dairi adalah bertani.

“Pendidikan sangat perlu, karena itu adalah jembatan untuk menggapai mimpi putra-putra Dairi,” ujarnya.

Kunci dari keberhasilan adalah disiplin. “Namun, ada hal yang lebih penting bahwasanya, keberhasilan itu bukan karena kuat kita melainkan karena kemurahan Tuhan,” ucapnya.

Dian mengaku dirinya pernah mengikuti pertukaran mahasiswa keluar negri, tepatnya pada tahun 2017-2018. Awalnya dia merasa itu hanya sebuah angan-angan atau mimpi yang tidak mungkin di capai. Tapi karena terus berusaha dan tetap berdoa, tidak lupa dengan dukungan orang tua, mimpi itu dapat terkabul.

“Sekarang saya mempunyai mimpi besar, dimana saya ingin melanjutkan sekolah keluar negeri, seperti Jerman, Amerika, Singapura dan masih banyak lagi,” ungkapnya.

“Mewakili anak petani, saya mohon doa kiranya mimpi saya dapat terwujud,” tutupnya.

Tak lupa Dian menyampaikan selamat ulang tahun yang ke 20 untuk HITADA.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Iklan
Back to top button