Uncategorized

Silalahi Dairi Lebih Menantang Bagi Pembalap Jetski di Event Aquabike World Championship 2023 

DAIRI, pelitarakyat.com – Tao Silalahi atau hamparan Danau Silalahi yang merupakan salah satu kawasan Danau Toba Sumatera Utara yang berada di Kecamatan Silahisabungan, Kabupaten Dairi disebut memiliki keunikan dan tantangan tersendiri dibanding dengan kawasan danau lainnya bagi para pembalap Jetski yang ikut dalam perhelatan Event Internasional ‘Aquabike World Championship Lake Toba 2023’.

Dan event ini akan digelar pada tanggal 22 hingga 26 November 2023 mendatang di empat wilayah Kabupaten yang ada di Kawasan Danau Toba Sumatera Utara yakni Kabupaten Dairi dengan Tao Silalahinya tepatnya di Dermaga Pantai Wisata Silalahi; Kabupaten Karo di Pantai Sinalsal Tongging; Kabupaten Samosir di Pantai Waterfront City Pangururan dan Kabupaten Toba di Pelabuhan Mulia Raja, Balige tempat penyelenggaraan F1 Powerboat beberapa waktu lalu.

“Event Kejuaraan Dunia Jetski ini berbeda dengan F1 Powerboat yang tidak terpengaruh dengan ombak, dan justru event ini menampilkan berbagai akrobatik dari para pembalap yang bisa berputar-putar di udara dengan adanya bantuan ombak. Dan Tao Silalahi yang memiliki hamparan danau terluas di kawasan Danau Toba memiliki ombak dan angin yang lebih dibanding dengan pantai-pantai lainnya yang ada di sekitar kawasan Danau Toba, tentu ini menjadi tontonan dan suguhan yang lebih menarik dengan suguhan akrobatik dari para pembalap kepada para pengunjung yang datang ke Silalahi Dairi,” ujar Bupati Dairi Eddy Berutu saat wawancara live di Kompas TV di Program ‘Sapa Indonesia Malam’ Rabu (1/11/2023) petang tadi.

Baca Juga  Bupati Eddy Berutu Kunjungi Keluarga Korban Anak Hanyut di Desa Siratah

Dalam wawancara Kompas TV yang dipandu oleh presenter berita Cindy Sistyarani itu, Bupati Eddy Berutu menyampaikan pihaknya sangat bangga dan bersyukur dengan dipilihnya Kabupaten Dairi menjadi salah satu tuan rumah bersama tiga kabupaten lainnya pada event internasional ‘Aquabike World Championship Lake Toba 2023’ ini.

Iklan

“Event ini tentu sangat kami tunggu-tunggu, dan kami telah melakukan berbagai persiapan dan pembenahan di sekitar area penyelenggaraan event tersebut. Dan Event ini akan melibatkan banyak masyarakat Lokal Dairi dalam kegiatan perekonomian selama event ini berlangsung yang akan memberikan kontribusi ekonomi yang signifikan bagi daerah kami dan bagi masyarakat Dairi. Selain menyuguhkan keindahan alam Danau Toba yang ada di sekitar Silalahi, akan banyak suguhan seni dan budaya serta produk lokal yang disajikan kepada para pengunjung dan wisatawan yang datang ke Silalahi selama event ini berlangsung” ujar Eddy Berutu.

Dua narasumber lainnya yang turut diundang dalam Live Streaming Kompas TV program ‘Sapa Indonesia Malam’ masing-masing Odo RM Manuhutu yang Deputi Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Kemenko Marvest RI dan  Maya Watono yang merupakan Direktur Promosi dan Pemasaran dari InJourney (BUMN BUMN Holding Industri Aviasi dan Pariwisata Indonesia) mengaku sangat antusias menghelat Event Olahraga Internasional Jetski yang merupakan perdana di tanah air yang digelar di Kawasan Danau Toba.

“Tidak perlu lagi datang ke negara Swiss jika ingin menyaksikan langsung Kejuaraan Dunia Jetski, karena event ini akan dilangsungkan juga di Kawasan Danau Toba, ini sama seperti perhelatan internasional lainnya seperti Moto GP yang sudah kita laksanakan di kawasan wisata Mandalika beberapa waktu lalu,” terang Oddo Manuhutu.

Baca Juga  Bupati Eddy Berutu Teken MoU Dengan BPJS Tenaga Kerja, Perangkat Desa Di Dairi Dijamin Asuransi

Hal yang sama juga disampaikan oleh Direktur Promosi dan Pemasaran dari InJourney, Maya Watono dimana perhelatan ini akan memberikan dampak besar untuk memperkenalkan Kawasan wisata Danau Toba, Sumatera Utara yang begitu indah ke mata dunia, serta memperkenalkan ragam budaya di berbagai Kabupaten yang ada di Kawasan Danau Toba dan memberikan dampak ekonomi yang signifikan bagi daerah di Kawasan Danau Toba.

Dirinya juga mengklaim, perhelatan yang berlangsung akhir tahun ini bakal mengukir sejarah baru di Danau Toba. Pasalnya, tak hanya menandai kali pertama terselenggaranya ajang di danau vulkanis terbesar dunia, Aquabike World Championship juga berhasil menciptakan kolaborasi perdana antara empat kabupaten di Danau Toba.

“Ini momen luar biasa, suatu momen yang pertama kali dalam sejarah. Tidak hanya pertama kali Aquabike Jetski World Championship diadakan di Danau Toba, tetapi kolaborasi yang luar biasa dari 4 kabupaten yang tidak pernah terjadi dalam sejarah,” ucapnya.

Iklan

Presenter berita Cindy Sistyarani Kompas TV sebelum menutup acaranya sempat menanyakan langsung kepada Bupati Dairi Eddy Berutu apakah Dairi sudah siap menjadi sorotan dunia dengan perhelatan event internasional yang pertama kali dilangsungkan di Tanah air.

“Tentu sangat siap dan sangat bersyukur, sudah tidak sabar menantikan perhelatan akbar yang diselenggarakan di Danau Toba,” ujar Eddy Berutu dengan mantap.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Iklan
Back to top button