Gunung Sitember, Dairi

Eddy Berutu Berikan Alat Pertanian Kepada Kelompok Tani Di Gunung Sitember

GUNUNG SITEMBER, Pelitarakyat.com- Tadi malam Bupati Dairi Eddy Berutu dan Ny Romy Eddy Berutu Ketua TP PKK Dairi beserta rombongan berkumpul di Los Gunung Sitember. Ada tokoh masyarakat, camat, para kepala desa dan juga warga.

Pada kesempatan itu, Bupati mempersilahkan warga bertanya langsung soal program usulan pembangun di Gunung Sitember.

"Kepada saya warga mengusulkan perbaikan jalan, modal usaha tani, usulan pembangunan sekolah, bantuan alat pertanian hingga keluhan masyarakat soal pupuk subsidi,"Ujar Eddy Berutu.

Kepada masyarakat Bupati Dairi menjelaskan, untuk tahun ini ada beberapa titik jalan sudah rusak akan diperbaiki di Gunung Sitember.

Kemudian soal modal usaha saya sampaikan peran Kredit Usaha Rakyat (KUR) tanpa agunan. Petani akan diberikan pinjaman oleh bank untuk dipergunakan sebagai modal dengan bunga yang cukup ringan. Bantuan KUR itu bisa dikembalikan usai panen.

Lalu soal bantuan alat pertanian, Bupati Eddy Berutu sampaikan akan diberikan secara bertahap. Untuk tadi malam bantuan yang saya serahkan; alat penanam jagung. Bantuan diberikan kepada 7 kelompok tadi yang ada di Kecamatan Gunung Sitember.

Kemudian soal pupuk subsidi Eddy Berutu sampaikan bahwa persoalan pupuk subsidi ini tidak hanya terjadi di Dairi saja.

Kelangkaan pupuk subsidi di seluruh Indonesia. Untuk itu KUR bisa membantu para petani dengan bunga yang cukup mudah. Meski demikian pemerintah terus berupaya agar mencari jalan keluar.

Baru-baru ini sebuah perusahaan pupuk di Indonesia datang dan bersedia menjalin kerjasama dengan Pemkab Dairi. Kita berharap kehadiran perusahaan pupuk ini bisa membantu bapak ibu petani.

Ramah tamah ini diadakan sederhana.

"Saya, ibu Ketua Tim Penggerak PKK Romy Eddy Berutu dan OPD Pemkab Dairi turut menyerahkan bantuan beras, bantuan alat pertanian. Semoga bantuan ini bermanfaat," Kata Bupati Eddy Berutu.

Penulis: Aman Berutu

Baca Juga