Kesehatan

Tingkatkan Upaya Kesehatan di Masyarakat, Dairi Laksanakan Rakor Penguatan Pokjanal Posyandu

SIDIKALANG, pelitarakyat.com – Dalam rangka meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan hidup sehat bagi setiap masyarakat demi terwujudnya derajat kesehatan yang setingi-tingginya, perlu adanya upaya kesehatan yang bersumber daya dari masyarakat, agar upaya kesehatan lebih mudah tercapai, lebih terjangkau serta lebih berkualitas.

Menindaklanjuti hal tersebut, Kabupaten Dairi melaksanakan Kegiatan Penguatan Pokjanal (Kelompok Kerja Nasional) Posyandu pada Rabu, 30/11/2022 bertempat di Aula The Ones Hotel Sidikalang.

Dalam perkembangan pemberdayaan masyarakat, telah berkembang berbagai Upaya Kesehatan Bersumber daya Masyarakat (UKBM), salah satunnya adalah Pos Pelayanan Terpadu (POSYANDU) yang dibentuk di Desa / Kelurahan (Kemenkes RI. 2011).

POSYANDU merupakan kegiatan UKBM yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh, untuk dan bersama masyarakat dalam penyelenggaraan upaya pembangunan kesehatan, dengan memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar.

Ketua TP. PKK Kabupaten Dairi Romy Mariani menyampaikan peran PKK dalam upaya kesehatan di masyarakat cukup besar, dimana dari 10 program Pokok PKK terdapat fungsi peningkatan kesehatan yang dimulai dari perencanaan dan program kesehatan.

Romy Mariani berpesan agar OPD, Camat, dan Desa berkolaborasi dengan kader kader PKK, memanfaatkan fungsi dan peran aktif PKK guna mewujudkan upaya penguatan kesehatan di masyarakat.

“Oleh karena itu, kita semua berkomitmen dan dalam pelaksanaannya diperlukan langkah-langkah pendekatan yaitu upaya mendampingi (memfasilitasi) masyarakat untuk menjalani proses pembelajaran yang berupa proses pemecahan masalah-masalah kesehatan yang dihadapinya.”

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan dr.Henry Manik mengatakan pengintregrasian layanan sosial dasar di POSYANDU adalah suatu upaya mensinergikan berbagai layanan yang dibutuhkan masyarakat meliputi perbaikan kesehatan dan gizi, pendidikan dan perkembangan anak, peningkatan ekonomi keluarga, ketahanan pangan keluarga dan kesejahteraan sosial.

“Pemberdayaan masyarakat adalah segala upaya fasilitasi guna meningkatkan pengetahuan dan kemampuan masyarakat, agar mampu mengidentifikasi masalah yang dihadapi, dan melakukan pemecahannya dengan memanfaatkan potensi setempat.”

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Bahagia Ginting, Bendahara PPPKMI Pengda Sumut Rita Kartika, SKM., M.Kes, Perwakilan OPD, Seluruh Camat Se- Kabupaten Dairi, Kepala Puskesmas Se- Kabupaten Dairi, Ketua TP. PKK Kecamatan serta Organisasi Profesi Kesehatan yang ada di Dairi.

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button