Daerah

Bupati Eddy Berutu Beberkan 8 Misi Pembangunan Kabupaten Dairi

SIDIKALANG, pelitarakyat.com – Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu membuka Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) 2025-2045 di Gedung Perpustakaan Raja Naga Jambe, Sidikalang, (5/4/2024).

Musrenbang tersebut dihadiri unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (RKPD), pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Kepala BPS Kabupaten Dairi. Kemudian, Kabid Riset dan Inovasi Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Provinsi Sumatera Utara, dan para pemerhati dan seluruh stakeholder pembangunan di Kabupaten Dairi.

“Dalam forum ini membahas kesepakatan terhadap visi dan misi, tujuan, arah kebijakan dan sasaran pokok pembangunan Kabupaten Dairi pada 20 tahun mendatang, ” kata Bupati Eddy Berutu.

Menurut Eddy Berutu, visi misi pembangunan Kabupaten Dairi yang dibahas harus selaras dengan tujuan dan arah pembangunan nasional dan Provinsi Sumatera Utara.

Iklan

“Arah pembangunannya harus jelas dan selaras. Makanya forum ini sangat penting,” katanya.

Baca Juga  Sumut Menuju 1 Digit Prevalensi Stunting, Pj Bupati Dairi: Kita Masih Butuh Kolaborasi dan Kerja Keras

Menurut Eddy Berutu, visi RPJPD Kabupaten Dairi tahun 2025 – 2045 adalah mewujudkan masyarakat Dairi yang sejahtera, maju dan bekelanjutan.

“Visi tersebut merupakan kondisi yang diharapkan dalam upaya mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat yang berkeadilan dan ikatan negara Kesatuan Negara Republik Indonesia,” ucapnya.

Dijelaskan Eddy Berutu, sasaran misi pembangunan sebanyak 8 poin.

“Pertama, mewujudkan transformasi sosial untuk membangun sumber daya manusia yang memiliki kesehatan prima, pendidikan berkualitas, berdaya saing, dan sejahtera”.

“Kedua, mewujudkan transformasi ekonomi melalui peningkatan iptek, inovasi, dan produktivitas ekonomi. Ketiga, mewujudkan transformasi tata kelola pemerintahan yang berintegritas dan pelayanan publik yang berkualitas dan prima, keempat mewujudkan masyarakat demokratis. Kelima, mewujudkan ketahanan sosial, budaya, dan ekologi. Keenam, mewujudkan pembangunan kewilayahan yang merata dan berbasis kakteristik wilayah. Ketujuh, mewujudkan pembangunan saran dan prasarana,” jelasnya.

Iklan

Kedelapan, mewujudkan kesinambungan pembangunan melalui sinkronisasi perencanaan pembangunan, peningkatan akuntabilitas pemerintah, dan pembiayaan inovatif.

Baca Juga  Kapolres Dairi Bersama Dandim 0206 Dairi, Meninjau Vaksinasi Massal Memperingati HUT Bhayangkara Ke 75

“Misi ini tentu sudah melalui proses penelahaan oleh Bappelitbang Provinsi Sumatera Utara untuk memastikan keselarasan dengan RPJPN dan rancangan RPJPD Provinsi Sumatera Utara tahun 2025 – 2045,” katanya.

Jadi, kata dia, mewujudkan delapan misi tersebut tidaklah mudah maka dibutuhkan sikap keseriusan dan keikhlasan dari semua pihak.

“Untuk itu mari kita sama-sama memberikan dukungan sehingga penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di Kabupaten Dairi berjalan dengan baik dan dirasakan masyarakat,” ajaknya.

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Iklan
Back to top button