Olahraga

Bupati Eddy Berutu Buka Kejuaraan Karate Forki Dairi

SIDIKALANG, Pelitarakyat.com- Eddy Berutu membuka pelaksanaan kejuaraan karate terbuka se-Kabupaten Dairi tahun 2022, Sabtu (2/7/2022) di GOR Serbaguna Sidikalang.

Kejuaraan yang akan berlangsung hingga Minggu (3/7/2022) itu, memperebutkan piala bergilir Bupati Dairi dan piala tetap Ketua Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (Forki) Dairi.

Eddy dalam sambutannya mengapresiasi perkembangan olahraga karate di Dairi. Dikatakan, karate berbeda dengan olahraga lainnya.

“Karate berbeda. Bukan hanya sebagai olahraga, namun dapat digunakan untuk membela diri, membentuk karakter, fisik, seni dan lainnya,” kata Eddy.

Iklan

Eddy berharap melalui kejuaraan tersebut, akan muncul bibit karateka Dairi yang nantinya mampu bersaing di tingkat Nasional, terlebih menghadapi PON Aceh Sumut 2024, karateka Dairi diharapkan dapat masuk tim inti karate Sumut.

“PON Aceh Sumut 2024 sudah dekat. Semoga dengan kejuaraan ini, awal seleksi, persiapan atlit dari Dairi untuk nantinya dapat masuk di tim inti karate Sumut untuk PON itu,” ujar Eddy.

Baca Juga  Bupati Dairi Targetkan Penyusunan Data Profil Desa Selesai Dikerjakan November 2022

Pada kesempatan ini Eddy Berutu mengapresiasi Forki Dairi yang telah menyelenggarakan Kegiatan acara Piala Bupati Dairi dan Piala Bergilir Forki Dairi.

“Terimakasih pada Forki yang telah berinisiatif menggelar kejuaraan ini. Dua tahun kita vakum karena Covid-19. Kita harapkan kegiatan ini menjadi agenda rutin. Karena ada piala bergilir bupati,” Ucap Eddy Berutu.

Kepada karateka, Eddy Berutu berpesan agar bertanding dengan menjunjung tinggi sportifitas. Yang menang, jangan cepat puas. Yang kalah, agar lebih giat berlatih.

Sementara Ketua Forki Dairi, Wan Juneven Manurung dalam sambutannya berharap agar ke depan, Pemerintah Kabupaten Dairi bersama KONI, dapat lebih memperhatikan cabang olahraga karate. sehingga, kemajuan cabang olahraga dimaksud dapat mengharumkan nama Kabupaten Dairi di tingkat nasional.

Iklan

Wan Juneven menjelaskan, Forki Dairi saat ini menaungi 6 Pengurus Cabang (Pengcab) perguruan yaitu KKI, Wadokai, Tako, Shiroite, Aski dan Keishinkan.

Baca Juga  Banyak Peminat, KOMUNITEN dan ESI Pakpak Bharat Gelar Tournament Mobile Legends

“Forki ingin membuktikan bahwa karate Dairi mampu bangkit kembali, seperti kejayaan dulu. Apresiasi saya pada panpel atas terlaksananya kegiatan ini. Apresiasi saya juga pada para pelatih, yang telah mendidik anak didik kita menjadi karateka handal, berprestasi, jauh dari kenakalan remaja,” Ucap Wan Juneven.

Kepada para atlit, Wan Juneven berharap agar memberikan yang terbaik, sehingga akan terpilih nantinya karateka yang akan membawa nama Dairi di even lebih tinggi, seperti Porpropsu, KOSN maupun Kejurda Forki Sumut.

Sementara Ketua Panitia Pelaksana (Panpel) Dantes Butar-butar dalam laporannya menyampaikan, kejuaraan tersebut diikuti 250-an karateka yang berasal dari perguruan dan dojou di Dairi.

Kejuaraan mengambil thema “Kembalikan kejayaan olahraga karate Kabupaten Dairi”. Kelas yang dipertandingkan, 12 nomor kata dan 42 nomor kumite.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Iklan
Check Also
Close
Back to top button