Rohani

Bupati Dairi Bantu Pembangunan Gereja Katolik di Desa Lae Luhung

DESA LAE LUHUNG, PELITARAKYAT.com- Bupati Eddy Berutu menghadiri acara Syukuran di Gereja Katolik di Desa Lae Luhung, Kecamatan, Siempat Nempu Hilir, Kabupaten Dairi. Minggu (10/07/2022).

Bupati bersama rombongan disambut antusias oleh Jemaat Gereja Katolik di Desa Lae Luhung yang sudah menunggu kehadiran Bupati Eddy Berutu.

Dengan dimulainya acara dalam pidatonya yang di sampaikan oleh Bupati Dairi Eddy Berutu mengatakan bahwa, pembangunan bidang keagamaan senantiasa mempunyai kedudukan dan peranan yang amat penting dalam meletakkan landasan moral dan spiritual.

Kondisi seperti inilah yang ingin kita ciptakan selaras dengan cita-cita kita untuk mewujudkan masyarakat Dairi yang religius berlandasan akhlak yang mulia dalam tatanan kehidupan masyarakat yang damai, sejahtera, kokoh dan dinamis.

Lanjut Eddy Berutu Pesta Pelindung Paroki ini, sangat strategis bagi pembinaan umat. maka jadikanlah ini sebagai sebuah hikmah dalam kebersamaan.

Karena tanpa adanya kebersamaan kita tidak mungkin bisa hidup berdampingan dan tanpa kebersamaan juga tidak mungkin kita bisa saling membangun.

ini adalah cerminan menghidupi rasa kebhinekaan kita, untuk itu giatlah beribadah.

Hampir selesai sekarang di gereja Santo Paripi masih satu paroki dengan kita, itu sudah selesai sudah kordinasi dengan Sekda Dairi jalan umum besar menuju gereja pada umumnya kurang memadai menyulitkan akses masuk gereja.

“Kelima gereja ini kita akan benahi jalanya tahun ini, Yaitu gereja Santo situs Lae mahonas, Santo Agustinus partikoa, gereja santaresia lae Rampong, gereja Buluh duri, gereja santa Maria pahlawan,”Ujar Eddy Berutu.

Bupati Eddy Berutu mengupayakan pembangunan gereja katolik Lae Luhung dan menyumbangkan uang Pribadi Sepuluh juta langsung di serahkan kepada panitia.

Bupati juga memberikan satu ekor Kambing ke Masjid Al-Ikhlas Desa Lae Luhung disaksikan oleh pengurus BKM mesjid Al-Ikhlas.

Bupati mengatakan mari lah kita saling toleransi kepada umat beragama yang berbeda Keyakinan dengan kita, karena perbedaan itulah menyatukan kita dengan kebersamaan dan rasa persaudaraan terus kita pupuk bersama.

Ketua TP PKK Dairi Romy Mariani Eddy Berutu dengan menyumbangkan sebuah lagu, memeriahkan acara itu menjadi meriah dan suasana menjadi suka cita. hasil Saweran lagu yang dibawakan oleh Ny Romy Eddy Berutu berkisar Dua juta rupiah diserahkan juga kepada Panitia.

“Saya sampaikan terima kasih kepada bapak ibu, semoga kita semua sehat selalu dan harapan kita dalam acara ini membuat kita semakin bertambah iman, hasil Saweran lagu ini kita berikan kepada Panitia semoga bermanfaat buat pembangunan gereja ini, ada juga sumbangan dari Kepala Dinas yang hadir, Camat, Dan seluruh Kepala Desa Se-Kecamatan Siempat Nempu hilir dari dua belas Desa akan menjadi penambah semangat panitia dan Jemaat untuk memajukan Gereja ini,” Ujar Ketua TP PKK Dairi Romy Mariani Eddy Berutu.

Pastor Paroki Sidikalang Yohanes Rudy Kartolo Malau, O.Carm mengungkapkan rasa terima kasih kepada bapak Bupati Dairi Eddy Berutu beserta Ibu. Atas kehadiran dan perhatian bapak Bupati dan ibu kami ucapkan banyak terima kasih.

“Semoga Dairi semakin Unggul, dan bisa menjadi teladan bagi semua umat beragama yang ada di Dairi ini,” Ucap Yohanes Rudy Kartolo Malau.

Camat Siempat Nempu Hilir Jangihut Nadeak mengungkapkan terima kasih Banyak Pak Bupati atas perhatian bapak di kecamatan Siempat Nempu Hilir.

Dengan rasa toleransi yang diberikan kepada kami di kecamatan Siempat Nempu Hilir ini, dengan bersamaan Hari Idul Adha bapak Bupati sempatkan juga memberikan satu ekor Kambing ke Masjid Al-Ikhlas di Desa Lae Luhung, sungguh indah dan terharu kami Pak Bupati.

“Saya di percayakan bapak Bupati camat disini beragama muslim, tetapi perbedaan itu menyatukan kita,” Ungkap Camat Jangihut Nadeak.

Turut hadir mendampingi Bupati Dairi Eddy Berutu, Istri tercinta Ny Romy Mariani Eddy Berutu, Sekda Dairi Budianta Pinem, Pastor Paroki Sidikalang Yohanes Rudy Kartolo, O. Carm, Kadis Pemdes Dairi Bahagia Ginting, Kasatpol PP Dairi Juniardi Siregar, Kadis LH Dairi Amper Nainggolan, Camat Siempat Nempu Hilir Jangihut Nadeak, Dan Kepala Desa Se-Kecamatan Siempat Nempu Hilir, Pengurus Ormas AMPG Dairi, Pengurus Gema Sicike-cike, Gema Pemuda Suak Pegagan, Pengurus GP Ansor Dairi.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button