EkonomiPenyuluh pertanian

Bupati Eddy Berutu Tanam Jagung bersama Kelompok Tani di Desa Juma Gerat

DESA JUMA GERAT, PELITARAKYAT.com- Bertempat di Desa Juma Gerat Kecamatan Tiga lingga Bupati Eddy Berutu melakukan Tanam Jagung bersama dengan petani Kelompok Tani penerima dan penerimaan Alat Pertanian dari Dinas Pertanian Dairi. Kamis (14/07/2022)

Usai melakukan penanaman jagung bersama Kelompok Tani Bupati menyampaikan tentang potensi unggulan Kabupaten Dairi.

Kopi dan jagung adalah komoditi unggulan Dairi yang sudah cukup dikenal.

Saya sampaikan hal demikian adalah untuk mengembalikan kejayaan kopi Sidikalang sekaligus mewujudkan program Pemerintah Dairi dan pusat yaitu gerakan tiga kali lipat ekspor (Gratieks) komoditi kopi.

Iklan

Tak hanya gerakan tanam kopi, gerakan ini juga dibarengi dengan bantuan permodalan untuk petani kopi yakni menggalakkan KUR klaster. KUR klaster ini sumber pendanaan dengan bunga yang relatif kecil dan tanpa menggunakan agunan yang bekerja sama dengan PT Bank Sumut dan offtaker.

“Saya berharap gerakan ini demi kesejahteraan petani kopi dan kejayaan kopi Sidikalang, “Ujar Eddy Berutu.

Kadis Pertanian Dairi Robot Manullang menyatakan dalam perintah Cepat Pimpinan Pak Bupati. Kami mengucapkan terima kasih atas perhatian bapak Bupati terhadap para Kelompok Tani Dairi.

“Saya seminggu ini tidak sempat duduk di ruang kantor, kami bersama tim terjun ke Lapangan untuk menyiapkan beberapa kegiatan acara dalam seminggu ini ke beberapa kecamatan yang berpotensi Menjadi Tanam kopi dan jagung secara meningkatkan Hasil panen. Supaya terselenggaranya dengan baik dan pesan beliau kepada saya supaya cepat tanggap terhadap kebutuhan masyarakat Petani Dairi di kelompok tani,” Kata Robot Manullang.

Camat Tiga Lingga Untung Roy Boy Nahampun  mengatakan sangat berterima kasih kepada bapak Bupati Dairi, Sebagai Pimpinan mengerti dengan apa yang dibutuhkan masyarakat para petani, beliau adalah idola para petani, karena cepat respon terhadap keluhan masyarakat petani.

Baca Juga  Bupati Berpesan Kepada Kepala Desa, Gunakan Media Sosial Untuk Publikasikan Hasil Kinerja

“Saya memang masih baru menjabat menjadi Camat di Tiga Lingga, tetapi perhatian beliau kepada masyarakat di kecamatan Tiga Lingga tidak ada perbedaan dengan para camat yang ada di Dairi, beliau berikan selalu motivasi dan inspirasi kepada kami, “Ungkap Camat Tiga Lingga.

Iklan

Kepala Desa Juma Gerat Budiman karokaro dalam sambutannya Kepada Bupati Dairi, Sebagai Desa yang masih perlu perhatian khusus dalam berbagai sektor, Baik Perbaikan Jalan, Dan hasil Panen Jagung supaya bisa bertambah paska Panen mohon dukungannya dalam kelangkaan pupuk agar ada solusinya.

“Kami sebagai anggota bapak di Desa memang kami selalu ada keluhan Pak Bupati, tetapi maksud kami supaya taraf hasil pertanian kami meningkat setiap Panen Pak Bupati, dengan kehadiran bapak kemari kami turut senang sekali, program bapak terus berupaya untuk menyiapkan para petani supaya naik kelas, terbukti melalui Program Bupati ke dinas pertanian membuat suatu terobosan baru yaitu membuat KUR Klaster Kopi, dimana para petani dikasih Modal dari Bank Sumut, Kami ucapkan banyak terima kasih Pak Bupati,” Kata Kades Budiman Karokaro.

Usulan masyarakat Petani

Parsadaan Kaloko
Seribu Per Kg Jasa angkut hasil jagung kami dari ladang, dikarenakan jalan rusak supaya di perbaiki jalannya pak Bupati dan ada juga selain jagung dan kopi, ada juga sudah kami tanamBuah duku tolong di kembangkan di desa kami ini pak, selain Pertanian jagung pak Bupati dan Pak Kadis pertanian ini usulan kami Dusun Juma Gerat.

Ediwan Sinuraya dalam usulannya kepada Bupati Dairi Jangan Ada lahan menganggur sewanya permusim tiga juta, kelangkaan pupuk yang menjadi masalah utama kami di desa ini pak bupati.

Baca Juga  Data KPK Evaluasi Pajak Pemda: Dairi Naik Drastis, Pakpak Bharat, Karo dan Langkat Menurun

“Terima kasih Pak Bupati atas bantuan yang diberikan, kami sangat terbantu atas bantuan yang diberikan ini sebagai rasa syukur kami atas perhatian bapak Bupati kami juga ada oleh-Oleh Kepada Bupati, ini ada hasil kebun kami Pote (Pette) untuk bisa bapak bawa juga sebagai rasa syukur atas perhatian khusus bapak ke Desa kami ini,” Kata Ediwan Sinuraya.

Para Kelompok Tani Penerima Alat Pertanian dari Dinas Pertanian Dairi antara lain.

Penerimaan Alat Pertanian Traktor Roda dua Rotari, Lamhot Purba kelompok tani Juma Gerat IV.

Corn Plaivter Dorong, Duharman Pandiangan Kelompok Tani Dos Roha, Desa Lau Molgap, Mikson Sihite Kelompok Tani Mekar Jaya, Desa Bertungen Julu, Tunggul Hutapea Kelompok Tani Mitra Tani dari Desa Palding Jaya, Sarifianna Pinem dari Kelompok Tani Mbuah Page Desa Palding Jaya, Edu Andreas Berutu dari kelompok tani Olihta Desa Lau Sireme, Malem Ukur Capah Kelompok Tani Karya Teguh Desa Ujung Teran, Parlindungan Hutagalung dari kelompok tani Dos Roha Desa Sukandebi.

Turut hadir mendampingi Bupati Dairi Eddy Berutu, Kadis Pertanian Robot Manullang, Kabid Prasarana dan prasana Eben Ebron Gurning, STP, Kabid penyuluhan pertanian Dairi Sukaedah Angkat, SP, Kapolsek Tiga Lingga, Danramil Tiga Lingga Danramil 04 Tiga lingga Kapten Inf Immun Siswanta Tarigan, Camat Tiga Lingga, Camat Gunung Sitember, Camat Tanah Pinem, Perwakilan Bank Sumut, Kepala Desa Juma Gerat Budiman Karokaro, Peserta Penerimaan alat pertanian, PPL Desa dari Kec. Tiga Lingga.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Iklan
Back to top button