Penyuluh pertanian

Bupati Eddy Berutu Bersama Pospera Dairi Jalin Kerjasama Tanam Jagung di Desa Lau Tawar

LAU TAWAR, PELITARAKYAT. com- Bersama masyarakat Desa Lau Tawar, Kecamatan Tanah Pinem Bupati Dairi Eddy Berutu melakukan Tanam Jagung bersama kelompok tani dan organisasi Pospera

Bupati menjelaskan Gerakan ini adalah sebagai komitmen Pemerintah semua sistem yang dibentuk di tingkat Desa terus bekerja. Kepala Desa tidak ada disini karena keadaan sakit.

Jadi saya minta marilah kita secara bersama bersatu membentuk suatu pelayanan kepada masyarakat yang kuat. Jadi Pospera bilang harus bayar, bayarnya pun udah beres, dipotong dibelakang, semua sudah dicatat dan oleh karena itu mari lah kita secara bersama menceritakan kepada keluarga dan saudara yang lain, baik itu di arisan dan ditempat acara pesta, bahwasanya kita sudah ada program KUR Klaster jagung bagian dari Agri Unggul, untuk Daerah Dapil Tiga jagung, tetapi daerah lain itu ada kopi, jadi itulah program sudah disiapkan maka terus lah semangat terus bekerja.

“Saya juga ucapan banyak terima kasih kepada Pospera Dairi diawal awal sudah punya pendapat maka ini akan jauh terus berjalan jika masyarakat di Dusun di Desa ada Pospera maka saya ajak berdiskusi dengan ketua Pospera, “kata Bupati.

“Pada waktu menyusun pun waktu itu dia berikan masukan kami hitung sama-sama tentu sama PPL dan pak Kadis Pertanian Dairi jadi Udah lengkaplah ini,” ujar Bupati Eddy Berutu.

Pemerintah Dairi mendukung para patani jagung dengan adanya ketersediaan modal melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR), bunga murah, sederhana, tanpa agunan, dibayar setelah panen, bibit tersedia, Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) kami terus dilatih untuk mendampingi petani, dan harga jagung dijamin dibeli dengan harga baik. Ayo semangat kerja, semoga Dairi Unggul, Agri Unggul bisa terwujud.

Usai melakukan penanaman jagung bersama Kelompok Tani Bupati menyampaikan tentang potensi unggulan Kabupaten Dairi.

Kopi dan jagung adalah komoditi unggulan Dairi yang sudah cukup dikenal.

Saya sampaikan hal demikian adalah untuk sekaligus mewujudkan program Pemerintah Dairi dan pusat.

Gerakan ini juga dibarengi dengan bantuan permodalan untuk petani jagung yakni menggalakkan KUR klaster. KUR klaster ini sumber pendanaan dengan bunga yang relatif kecil dan tanpa menggunakan agunan yang bekerja sama dengan PT Bank Sumut.

Kadis Pertanian Dairi Robot Manullang menyatakan dalam perintah Cepat Pimpinan Pak Bupati. Kami mengucapkan terima kasih atas perhatian bapak Bupati terhadap para Kelompok Tani Dairi.

“Kami berikan bantuan bibit Jagung, alat pertanian seperti Corn Planter Dorong penanam Jagung supaya dirawat dengan baik, semoga hasil panen jagung nantinya dapat menjadi meningkat dari sebelumnya, “ucap Robot Manullang.

Ucapan terima kasih Ibu Br Sembiring Kepada Bupati Dairi.

“Kami sebagai masyarakat selalu ada keluhan Pak Bupati, tetapi maksud kami supaya taraf hasil pertanian kami meningkat setiap Panen Pak Bupati, dengan kehadiran bapak kemari kami turut senang sekali, program bapak terus berupaya untuk menyiapkan para petani supaya naik kelas, terbukti melalui Program Bupati ke dinas pertanian membuat suatu terobosan baru yaitu membuat KUR Klaster Kopi, dimana para petani dikasih Modal dari Bank Sumut, Kami ucapkan banyak terima kasih Pak Bupati,” Kata Br Sembiring.

Turut hadir mendampingi Bupati Dairi Eddy Berutu, Sekda Dairi Budianta Pinem, Kadis Pertanian Robot Manullang, Kabid Prasarana dan prasana Eben Ebron Gurning, STP, Kabid penyuluhan pertanian Dairi Sukaedah Angkat, SP, Satpol PP Dairi Kapolsek Tanah Pinem, Camat Tanah Pinem, Perwakilan Bank Sumut, Pengurus Pospera Dairi, Kelompok Tani Desa Lau Tawar.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button